Sudah Habiskan Rp26,7 Triliun Sejak Awal Pembangunan, Inilah yang Sudah Dibangun di IKN

Sudah Habiskan Rp26,7 Triliun Sejak Awal Pembangunan, Inilah yang Sudah Dibangun di IKN

Progres pembangunan Ibukota Nusantara yang dimulai pada awal tahun 2023 telah menghabiskan dana sekitar Rp26,7 Triliun -Instagram: @ikn_id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur telah menelan anggaran sebesar Rp 26,7 Triliun selama progres pembangunannya sejak dimulai pada tahun 2023.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengatakan realisasi anggaran pembangunan IKN pada tahun anggaran 2023 telah mencapai Rp26,7 triliun atau setara 97,6 persen dari batas anggaran yang dipersiapkan.

"Pembangunan proyek IKN tahun ini (2023) kita telah belanjakan Rp26,7 triliun, dari total anggaran yanh telah disediakan yaitu Rp27,4 triliun," kata Sri Mulyani dalam konfrensi persnya di Jakarta, pada hari Selasa 2 Januari 2024 kemarin.

Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur IKN sebesar Rp24,3 triliun. Sementara sisa dari pembangunan infrastruktur dibangun untuk membantu noninfrastruktur sebesar Rp3,0 triliun.

BACA JUGA:Ibukota Negara Pindah ke Kaltim, Jakarta Masih Menarik Bagi Investor

BACA JUGA:Ibukota Negara Bakal di Pindah ke Luar Jawa, Dibutuhkan Anggaran Rp 466 Triliun

Adapun anggaran infrastruktur digunakan untuk membangun istana negara dan kawasan inti pusat pemerintahan di IKN, selain itu juga ada pembangunan kawasan pemukiman ASN yang meliputi pembangunan tower rusun aparatur sipil negara, bangunan pertahanan dan keamanan, serta pembangunan jalan tol IKN.

Melansir dari data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) progres pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) batch 1 sudah mencapai sekitar 60 persen. 

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibukota Nusantara (IKN), Danis H. Sumadilaga menjelaskan bahwa progres pembangunan infrastruktur dasar IKN batch 1 ditargetkan akan segera selesai pada akhir tahun 2024.

"Progresnya sangat bagus dan lancar, pembangunan infrastruktur ini hampir mencapai 60 persen pada batch 1. Rinciannya 

BACA JUGA:Berkat UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Teh Organik Bankitwangi Semakin Dikenal & Jajal Pasar Lebih Luas

BACA JUGA:Presiden Jokowi Lanjutkan Bantuan Pangan: 1000 Warga Banyumas Terima Sembako di Gudang Bulog Klahang Sokaraja

itu batch 1 sekitar 59 persen lebih kalau batch 2 sudah mencapai sekitar 2 atau 3 persen," jelasnya saat ditemui di Jakarta, pada tanggal 3 Desember 2023. 

Kementerian PUPR juga melaksanakan dukungan pada proyek pembangunan infrastruktur di IKN sejak tahun 2020-2024 dengan anggaran pembangunan sebesar Rp60,99 triliun. Proyek pembangunan itu dilaksanakan dengan 85 paket pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: