Dinhub Dorong Pemprov Jateng Buat Trayek Trans Jateng Jurusan Purwokerto-Cilacap Via Kroya

Dinhub Dorong Pemprov Jateng Buat Trayek Trans Jateng Jurusan Purwokerto-Cilacap Via Kroya

Memiliki kantor operasional di Sokaraja, Trans Jateng didorong membuka jurusan Purwokerto-Cilacap via Kroya melengkapi jurusan Terminal Bulupitu-Purbalingga yang saat ini sudah ada.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam Focus Grup Discusion (FGD) acara Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Dinas Perhubungan Banyumas mendorong Pemerintah Provinsi Jateng untuk membuat Trans Jateng jurusan PURWOKERTO Cilacap via Kroya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Banyumas, Arif Akhmadi mengatakan, FGD di Cilacap terkait dengan konektivitas wilayah mengundang perwakilan dari banyak kabupaten. Mengangkat judul konektivitas dalam FGD tersebut, dirinya mendorong agar Pemerintah Provinsi Jateng membuat Trans Jateng jurusan Purwokerto Cilacap via Kroya.

"Kalau kita mau merunut konektivitas yang sudah ada, Banyumas telah memiliki Trans Banyumas ditambah Trans Jateng jurusan Purwokerto Purbalingga," katanya.

Arif menjelaskan, salah satu usulan awal jurusan Trans Banyumas yaitu Purwokerto Kroya. Sayangnya usulan tersebut belum disetujui dengan berbagai pertimbangan. Ke depan, agar konektivitas antara Purwokerto dan Cilacap tersambung, dirinya lebih setuju jurusan Purwokerto Cilacap via Kroya didahulukan.

BACA JUGA:Alat Pendeteksi Bencana Dini Dipasang Di Lima Titik

BACA JUGA:Razia Tempat Karaoke di Purwokerto, BNN Dapati 5 Orang Diduga Positif Narkoba

"Ketemunya di terminal tipe C Sokaraja. Kita juga usulkan rute perintis Purwokerto Banjarnegera via Rakit. Ini sudah pernah disurvei," terang dia.

Adapun trayek Purwokerto Cilacap via Kroya yang melalui Sokaraja juga bisa mendukung konektivitas ke bandara di Purbalingga. Trans Jateng dari Purbalingga ke Purwokerto juga tidak langsung ke Sangkalputung, tetapi terlebih dahulu ke terminal tipe C Sokaraja sehingga semua trayek Trans Jateng dapat tersambung.

"Namun, kewenangannya ada di provinsi. Saya sebatas mendorong karena dari pihak Pemerintah Provinsi Jateng juga hadir saat FGD," pungkas Arif. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: