Tim Dosen Amikom Purwokerto Beri Pelatihan Administrasi Keuangan Pelaku UMKM

Tim Dosen Amikom Purwokerto Beri Pelatihan Administrasi Keuangan Pelaku UMKM

Narasumber pelatihan menjelaskan teori persamaan dasar akuntansi dan ilmu dasar dari akuntansi sebagai dasar dalam pembuatan laporan keuangan.-Humas Amikom untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dosen Universitas Amikom PURWOKERTO, Yusyida Munsa Idah dan tim kembali memberikan pelatihan administrasi keuangan bagi pelaku UMKM di PURWOKERTO Utara, yang tergabung dalam Aspikmas pada 12 Agustus 2023 di ruang paska Sarjana Universitas Amikom PURWOKERTO.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat tahun ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah selesai dilaksanakan berupa pelatihan Bussiness Plan dengan peserta yang sama pada 7 Agustus 2021.

Dosen Universitas Amikom Purwokerto, Yusyida Munsa Idah mengatakan lanjutan kegiatan pengabdian pada masyarakat tahun ini dilaksanakan satu hari dengan pemberian materi tentang dasar-dasar akuntansi, laporan keuangan dan implementasinya ke dalam aplikasi laporan keuangan dari Bank Indonesia yaitu aplikasi si APIK.

"Kegiatan transfer ilmu dan ketrampilan melalui pelatihan yang diikuti oleh pelaku UMKM Purwokerto  Utara berjalan dengan pengenalan dan penjelasan mengenai apa itu Business Plan atau lebih kita kenal dengan proposal bisnis," katanya.

BACA JUGA:Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto Dukung Pengelolaan Data Warga di Perumahan Patikraja Estate

BACA JUGA:Dosen Amikom Beri Pelatihan Aplikasi Administrasi Kependudukan Online Bagi Warga Rempoah

Yusyida menjelaskan, dalam pelatihan pertama tahun 2021 lalu yang berjalan dalam situasi pandemi Covid-19 dimana belum diperbolehkan adanya kegiatan dengan peserta lebih dari 10 orang, peserta dilatih membuat proposal bisnis beserta dengan unsur-unsur yang harus ada didalamnya.

Pelatihan administrasi keuangan yang tahun ini prinsipnya melanjutkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021 lalu.

"Saat itu meski dilaksanakan secara luring, yang hadir hanya pengurus saja. Alhamdulillah hingga pelatihan kedua dijalankan peserta tetap antusias mengikuti training. Setelah pelaksanaan kegiatan juga banyak yang bertanya melalui Whataps meminta untuk diadakan pelatihan lanjutan," terang dia.

Dirinya menegaskan bahwa Business Plan menjadi salah satu dokumen yang harus dibuat oleh pelaku bisnis sebagai panduan dalam menjalankan usahanya dengan salah satu elemen yang wajib ada dalam dokumen Business Plan yaitu laporan keuangan.

BACA JUGA:Sayangkan Pengunjung Masuk Area Rumput Alun-alun Purwokerto, DLH Bakal Edukasi Pengujung Lewat Rekaman Suara

Oleh karena itu, penting adanya pelatihan bagi pelaku UMKM agar bisnisnya semakin berkembang. Dari evaluasi paska pelatihan, banyak peserta yang telah menerapkan hasil pelatihan laporan keuangan ini pada bisnisnya.

Hanya saja sebagian peserta ada yang masih bingung jika menemui kasus-kasus khusus yang dihadapi. Dengan kondisi tersebut, hasil pelatihan akan selalu dievaluasi dan jika diperlukan pelatihan lanjutan maka dapat direncanakan sesuai kebutuhan peserta.

"Training dihadiri 18 orang  peserta, dengan satu dosen selaku pemateri dan dibantu dua mahasiswa. Adapun dampak positif dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini ialah bertambahnya ilmu pengetahuan dari pelaku UMKM terkait akuntansi dasar dan ketrampilan membuat laporan keuangan hingga pengoperasian aplikasi Si APIK," pungkas Yusyida. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: