Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto Dukung Pengelolaan Data Warga di Perumahan Patikraja Estate

Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto Dukung Pengelolaan Data Warga di Perumahan Patikraja Estate

Pelatihan pengelolaan data warga menggunakan aplikasi Office kepada pengurus paguyuban dan warga blok A-6 Perumahan Patikraja Estate.-Humas Amikom Purwokerto untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tim Dosen Universitas Amikom PURWOKERTO yaitu Andik Wijanarko, Dhanar Intan Surya Saputra dan Anugerah Bagus Wijaya beserta dua mahasiswanya bernama Adzkiyatun Nisa Al Haura dan Indar Puspitaningrum, melaksanakan pengabdian masyarakat. Yakni dengan memberikan pelatihan pengelolaan data warga, menggunakan aplikasi Office kepada pengurus paguyuban dan warga blok A-6 Perumahan Patikraja Estate.

Dilaksanakan pada 10 September 2023, pelatihan dihadiri Ketua Paguyuban Perumahan Patikraja Estate, Arif Purwanto bersama sekretaris dan bendahara paguyuban.

Diluar paguyuban, turut hadir ketua dan bendahara pengelola air bersih dengan peran krusialnya dalam mengelola penggunaan dan distribusi air bersih di perumahan.

Anggota Tim Dosen Amikom, Anugerah Bagus Wijaya mengatakan, timnya menginisiasi pelatihan pengelolaan data menggunakan aplikasi Office bagi pengurus paguyuban dan warga blok A-6 Perumahan Patikraja Estate.

BACA JUGA:Dosen Amikom Beri Pelatihan Aplikasi Administrasi Kependudukan Online Bagi Warga Rempoah

BACA JUGA:Buka Jalur Peminatan Organisasi dan Prestasi, Calon Maba Universitas Amikom Berpeluang Bebas SPI 100 Persen

Dengan melihat rumitnya penanganan urusan warga yang tidak terkait langsung dengan pemerintahan, seperti data kependudukan dan domisili, pengelolaan penggunaan air komunal, ronda, jimpitan, dan yang lainnya.

Selain itu untuk urusan administrasi juga lebih efektif dilakukan oleh warga perumahan sendiri tanpa melibatkan ketua RT terkecuali dalam hal-hal resmi berkaitan dengan pemerintahan.

"Penyebabnya sebagai perumahan baru, Patikraja Estate berjarak cukup jauh dari pusat Pemerintahan Desa Sokawera dan kediaman ketua RT," katanya.

Bagus menjelaskan, dengan latar belakang warga perumahan yang sangat beragam diperlukan pengelolaan data yang baik. Solusinya, Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto memiliki inisiatif memberi sebuah pelatihan pengelolaan data dengan alat pengelolaan data yang cukup populer yaitu aplikasi Office.

Dengan suksesnya pelaksanaan pengabdian masyarakat di Perumahan Patikraja Estate, timnya berharap kegiatan serupa dapat berlanjut. Melalui pelatihan ini, diharapkan warga perumahan dapat lebih mandiri dalam mengelola administrasi dan data mereka, sehingga dapat menciptakan komunitas yang lebih terorganisir dan efisien.

"Pelatihan kali ini dirancang khusus memenuhi kebutuhan pengurus paguyuban warga Perumahan Patikraja Estate dengan tujuan utama meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan data," terang dia.

Adapun tahapan yang dilakukan dalam pelatihan melibatkan proses observasi dan wawancara yang dilakukan secara mendetail dan mendalam untuk selanjutnya hasil dari proses ini dijadikan dasar dalam pembuatan materi pelatihan.

Setelah materi pelatihan disusun berdasarkan hasil observasi dan wawancara, materi segera diajarkan pada pengurus paguyuban hingga pengurus air bersih. Usai pelatihan diharapkan warga perumahan semakin mandiri mengelola administrasi dan data administrasi kependudukannya sehingga dapat menciptakan komunitas yang lebih terorganisir dan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: