Simulasi, Ratusan Warga Ponjen Salurkan Hak Pilih Pemilu

Simulasi, Ratusan Warga Ponjen Salurkan Hak Pilih Pemilu

Simulasi: Warga Desa Ponjen sedang mengikuti simulasi pemungutan suara, Minggu 24 Desember 2023.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Suasana berbeda terlihat di Gedung Serbaguna Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar, Minggu 24 Desember 2023 kemarin. Ratusan warga yang memiliki hak pilih dalam Pemilu 2024 melakukan coblosan surat suara.

Namun kegiatan itu hanya simulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dengan Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar.

Kepala Desa Ponjen, Romidi mengungkapkan, kegiatan ini hanya satu-satunya, mungkin di Purbalingga, bahkan nasional. Mengadakan simulasi lengkap sampai perhitungan suara. Semua peralatan dan perlengkapan asli dari KPU, namun surat suara hanya contoh.

"Kami didukung KPU Purbalingga. Sejak jam 7 pagi warga sangat antusias menuju TPS dan menyalurkan suaranya di bilik suara. Benar-benar dibuat asli saat hari H Pelaksanan coblosan," tambahnya.

BACA JUGA:296 Pemilih Ikuti Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu di Banyumas

Pada kesempatan yang sama,nCatur Sigit Prastyo, Anggota KPU Purbalingga sekaligus Ketua divisi Teknis Penyelenggara Pemilu menjelaskan ada dua tujuan utama dari simulasi. "Pertama, simulasi sebagai media sosialisasi pendidikan politk bagi masyarakat," katanya.

Dia berharap, dengan adanya simulasi, masyarakat paham cara menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024. "Dengan simulasi ini, diharapkan masyarakat paham cara menggunakan hak pilih agar suaranya sah," lanjutnya.

Kemudian, tujuan selanjutnya untuk Kelompok Pemungutan Surat Suara (KPPS) sebagai tolak ukur kesiapan dalam menyelenggarakan pemilu di TPS.

"Bagi penyelenggara (KPPS,red), untuk memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS sesuai norma yang berlaku," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: