Fitur Baru Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Telah Dirilis Kemdikbud di PMM

Fitur Baru Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Telah Dirilis Kemdikbud di PMM

Fitur Baru Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Telah Dirilis Kemdikbud di PMM-gpsindonesia-

"Harapannya, penilaian kinerja akan lebih berdampak pada kualitas pembelajaran berdasarkan observasi kelas. Guru dan kepala sekolah juga akan mendapatkan apresiasi sesuai dengan kinerjanya masing-masing, sesuai amanat perundangan yang ada," pungkasnya.

Nunuk juga memaparkan bahwa adanya fitur pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah ini bentuk manifestasi dari transformasi pengelolaan ASN yang diprakarsai oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Kemudian ketentuan tersebut diatur dalam PermenPANRB No 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN dan PermenPANRB No 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Transformasi tersebut menurutnya akan memungkinkan semua pegawai mendapatkan pengakuan atas kinerja baik serta semakin terlihat manakala ada kinerja buruk.

Hal tersebut juga akan menunjang transformasi pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik seperti yang digaungkan dalam tujuan kurikulum merdeka.

BACA JUGA:Sekolah di Banyumas Diberi Keleluasaan Memilih Jenis Implementasi Kurikulum Merdeka

BACA JUGA:PPKN UMP Kaji Aktualisasi Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Seminar Nasional

Manfaat Platform Merdeka Mengajar (PMM)

  • Mengurangi Kesenjangan Pendidikan

Dengan memberikan akses pendidikan secara merata, PMM membantu mengurangi kesenjangan pendidikan antara wilayah perkotaan dan pedesaan. 

Siswa di daerah terpencil yang sebelumnya sulit mengakses pendidikan berkualitas, kini memiliki peluang yang lebih besar untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.

  • Inovasi Pembelajaran

Platform ini memungkinkan inovasi dalam metode pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai alat dan sumber daya digital untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka. 

Selain itu, PMM juga memberikan peluang bagi siswa untuk belajar secara mandiri dan mengembangkan keterampilan digital yang sangat penting di era modern.

BACA JUGA:Mantap, Sukses Terapkan Kurikulum Merdeka, Kab Cilacap raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar

BACA JUGA:Semua MTs di Banyumas Miliki SK Pelaksana Kurikulum Merdeka

  • Pemberdayaan Guru

PMM memberikan dukungan kepada guru dengan menyediakan materi ajar yang terstruktur dan sumber daya pendidikan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: