Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga

Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga

Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga-VOI-

Pergelangan paha memegang peran vital, terutama bagi mereka yang melakukan lari jarak jauh seperti 10 kilometer. Untuk pemanasan ini, lebarkan jarak kaki dan berpangku pada salah satu paha, baik di sisi kiri atau kanan.

BACA JUGA:Manfaat Olahraga Kardio Beserta Contohnya!

BACA JUGA:Olahraga Kardio Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet

Gerakan ini dilakukan dengan lembut dan bertahap selama sekitar 8 detik untuk menjaga kelenturan otot paha yang menopang berat badan. Pemanasan ini membantu mempersiapkan pergelangan paha sebelum melakukan aktivitas olahraga yang menuntut pada area tersebut.

7. Menekuk Pergelangan Kaki

Pemanasan yang sering terabaikan adalah pemanasan pada pergelangan kaki. Dengan mengangkat kaki sambil menjaga keseimbangan, gerakan pemanasan ini sangat bermanfaat untuk hampir semua jenis olahraga seperti berenang, bersepeda, berlari, atau bahkan sepak bola.

Gerakan ini melatih kelenturan kaki, paha, dan tumit, sambil membantu tubuh untuk mempersiapkan keseimbangan yang diperlukan sebelum berolahraga. Selain itu, gerakan ini memberikan sinyal kepada tubuh untuk memulai regulasi suhu sebelum aktivitas fisik dimulai.

8. Menekuk Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan memegang peran penting dalam berbagai gerakan olahraga di tempat, seperti Pull Up, Push Up, Sit Up, dan Plank. Untuk menjaga keamanan pergelangan tangan selama berolahraga, pemanasan ini menjadi penting.

BACA JUGA:Terdengar Sepele, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki di Pagi Hari

BACA JUGA:Deretan Artis Yang Hobi Dengan Olahraga Tinju, Bahkan Sampai Tarung Diatas Ring!

Cara melakukannya adalah dengan melipat tangan ke arah berlawanan, seperti tangan kanan ke bagian kiri yang ditekan perlahan dengan tangan kiri. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri ke arah kanan yang ditahan oleh tangan kanan.

9. Meluruskan Kaki

Bagi mereka yang berencana melakukan kegiatan lari jarak jauh, pemanasan ini sangat penting. Pada umumnya, paha bagian bawah dan pergelangan kaki menjadi fokus utama dalam gerakan ini.

Pemanasan ini dapat dilakukan dengan cara duduk di tanah, meluruskan kaki dengan lebar dan perlahan menyesuaikan arah kaki, baik ke kanan maupun ke kiri. Gerakan ini membantu mempersiapkan paha bagian bawah dan pergelangan kaki sebelum berlari, meminimalkan risiko cedera dan memungkinkan gerakan yang lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: