Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga

Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga

Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga-VOI-

10. Menekuk Tubuh ke Depan

Gerakan pemanasan yang tak kalah penting adalah menekuk bagian tubuh ke arah depan. Proses ini mirip dengan pemanasan saat meluruskan kaki, namun setelah kaki diluruskan ke samping, bagian tubuh ditekuk ke depan dengan tangan lurus.

BACA JUGA:10 Cabang Olahraga Terpopuler di Dunia, Sepak Bola Masih Memimpin!

BACA JUGA:15 Anime Sport Terbaik yang Wajib Ditonton untuk Pecinta Olahraga dan Animasi

Pemanasan ini membantu mengencangkan otot-otot utama dan mempersiapkan tubuh secara keseluruhan sebelum melakukan aktivitas olahraga. Gerakan ini juga membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan meminimalkan risiko cedera saat beraktivitas.

11. Menggerakkan Torso Dalam Posisi Membungkuk

Gerakan ini penting untuk meningkatkan kelenturan pinggang dan mengurangi risiko cedera. Lakukan gerakan ini dengan membungkukkan badan ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan kedua kaki dan lutut tetap lurus, tanpa ditekuk. Gerakkan torso ke kiri dan kanan masing-masing dalam delapan hitungan.

Pemanasan ini membantu meningkatkan kelenturan pinggang, mempersiapkan tubuh untuk gerakan olahraga yang membutuhkan fleksibilitas, serta membantu mengurangi risiko cedera pada bagian pinggang.

12. Mengangkat dan Memutar Kaki

Bagian kaki memegang peran penting dalam gerakan pemanasan. Pertama-tama, angkat sebelah kaki dengan lutut ditekuk ke depan, tahan posisi tersebut selama delapan hitungan. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Selanjutnya, tekuk salah satu lutut dan tarik kaki ke arah belakang dengan bantuan tangan, tahan posisi selama delapan hitungan sebelum berganti ke kaki lainnya. Setelahnya, tekuk lutut dan tarik ke arah samping secara bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Pemanasan yang terfokus pada gerakan detail pada bagian torso dan kaki adalah langkah penting untuk memaksimalkan kelenturan tubuh dan meminimalkan risiko cedera sebelum memulai aktivitas olahraga. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: