Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga

Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga

Inilah Cara Pemanasan Sederhana Sebelum Berolahraga-VOI-

BACA JUGA:5 Olahraga Paling Berbahaya Di Dunia, Ada yang Telan Ratusan Korban

2. Memutar Pinggang

Gerakan lainnya yang sangat bermanfaat adalah memutar pinggang. Dalam gerakan ini, regangkan bagian kaki searah pundak, lalu putar searah jarum jam selama 8 detik. Kemudian, ulangi gerakan ke arah sebaliknya dengan durasi yang sama.

Pemanasan ini bertujuan untuk menjaga kelenturan pinggang, mempersiapkan tubuh untuk berbagai jenis olahraga dengan lebih baik. Dengan memelihara kelenturan pinggang, aktivitas olahraga yang lebih intensif dapat dilakukan dengan lebih mudah dan aman.

3. Memutar Lutut

Lutut memerlukan persiapan khusus sebelum digunakan dalam aktivitas olahraga yang membutuhkan tenaga. Untuk melakukan pemanasan ini, rapatkan lutut, lalu goyangkan searah jarum jam selama 8 detik. Lakukan gerakan sebaliknya dengan durasi yang sama. Pemanasan ini bertujuan untuk menjaga kelenturan lutut dan mengurangi risiko terkilirnya pergelangan kaki selama olahraga.

4. Memutar Bahu

Bagian bahu memiliki peran penting dalam berbagai gerakan tubuh yang diperlukan selama olahraga, seperti berlari. Gerakan pemanasan untuk bahu dapat dilakukan dengan memegang pundak dengan tangan, lalu memutar pundak ke arah depan dalam hitungan 8 detik. 

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Perut Buncit Pria, Bisa Tanpa Olahraga Berat!

BACA JUGA:Contoh Olahraga Kardio: Punya Banyak Manfaat!

Kemudian, ulangi gerakan memutar bahu ke arah belakang dengan durasi yang sama. Pemanasan ini membantu mempersiapkan bahu agar lebih lentur dan siap untuk melakukan berbagai gerakan olahraga dengan baik.

5. Memutar Kedua Lengan

Pemanasan tidak hanya fokus pada bagian tubuh besar seperti kaki dan pinggang, tetapi juga memperhatikan lengan. Gerakan memutar kedua lengan layaknya kincir angin selama 8 detik per putaran menjadi pemanasan yang efektif.

Namun, penting untuk melakukannya dengan hati-hati, menghindari gerakan terlalu bersemangat yang dapat menyebabkan ngilu atau potensi kesalahan sendi karena tubuh belum sepenuhnya siap untuk aktivitas olahraga.

6. Meregangkan Pergelangan Paha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: