Skrining, Karyawan dan ASN UPKP Wilayah Sumpiuh Hipertensi

Skrining, Karyawan dan ASN UPKP Wilayah Sumpiuh Hipertensi

Petugas medis Puskesmas Sumpiuh 2 melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan karyawan dan ASN UPKP Wilayah Sumpiuh, Selasa (12/12/2023).-FIJRI RAHMAWATI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 22 karyawan dan aparatur sipil negara (ASN) Unit Pengelola Kebersihan dan Pertamanan (UPKP) Wilayah Sumpiuh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten BANYUMAS menjalani skrining kesehatan dasar.

Pemeriksaan kesehatah dilakukan oleh petugas medis Puskesmas Sumpiuh 2. Diantaranya meliputi tekanan darah, gula darah sewaktu dan lingkar perut.

Hasil pemeriksaan gula darah sewaktu dan lingkar perut. Kebanyakan karyawan dan ASN UPKP Wilayah Sumpiuh tercatat normal.

BACA JUGA:Antusiasme Donor Darah Tinggi, Kilang Pertamina Cilacap Kumpulkan 1.143 Kantong Darah

"Pemeriksaan tekanan darah, mayoritas hasilnya tinggi, termasuk saya," kata Kepala UPKP Wilayah Sumpiuh Titien Isnaeni, Selasa (12/12/2023).

Bahkan tekanan darah salah satu karyawan mencapai 180/168. Hipertensi dimungkinkan dipicu oleh beban kerja. Sebab, karyawan dan ASN UPKP merupakan orang lapangan. Persoalan sampah cukup menyita tenaga dan pikiran.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala UPKP Wilayah Sumpiuh mewacanakan untuk menambah agenda penyegaran. Kegiatan outbound tidak hanya sekali dalam setahun.

BACA JUGA:RSUD Cilacap Tambah Layanan Bagi Pasien dengan Gangguan Kejiwaan

Terpisah, Kepala Puskesmas Sumpiuh 2 Muslikhin menjelaskan kecenderungan usia produktif mengalami penyakit tidak menular. Seperti hipertensi, jantung, stroke, kolesterol dan gula darah.

"Penyakit tidak menular adalah menuju kematian paling cepat. Sehingga, usia produktif wajib terskrining. Tindak lanjut untuk karyawan dan ASN UPKP diarahkan ikut prolanis," jelas Muslikhin.

Puskesmas Sumpiuh 2 memiliki program Pos Binaan Terpadu (Posbindu) institusi. Skrining kesehatan karyawan dan ASN institusi di wilayah kerja. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: