Dispertan Cilacap Tingkatkan Populasi Sapi Melalui Inseminasi Buatan

Dispertan Cilacap Tingkatkan Populasi Sapi Melalui Inseminasi Buatan

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Cilacap Slamet Sugino-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP melalui Dinas Pertanian berupaya meningkatkan populasi sapi melalui inseminasi buatan

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Cilacap, Slamet Sugino mengatakan, di Cilacap ada target 4 ribu injeksi dari berbagai ras sapi. 

"Sampai sata ini sudah ada 3 ribu sapi betina yang diinjeksi. Dari jumlah tersebut, separuhnya berhasil dan dapat menambah populasi sapi di Cilacap," katanya. 

Hasil inseminasi buatan berhasil dilakukan oleh salah satu peternak sapi di Kecamatan Adipala. Pada 8 November 2023 lalu, salah satu sapi milik peternak Desa Penggalang melahirkan anak sapi kembar jantan dan betina melalui program inseminasi buatan.

BACA JUGA:Pj Bupati Cilacap Tunjuk Kepala Bappeda Menjadi Pj Sekda Cilacap

BACA JUGA:Dalam Sepekan, Dua Kasus Penjambretan Terjadi di Cilacap, Ini Langkah Polresta Cilacap

Sementara itu Petugas Inseminator, Rendarko mengatakan, selain dapat meningkatkan populasi ternak sapi, program inseminasi buatan merupakan lahkah sangat tepat dan menguntungkan bagi peternak. 

"Inseminator buatan ini dapat meningkatkan populasi ternak sapi, karena proses pembuahan sel telur yang dihasilkan sapi betina saat ovulasi jadi lebih tepat," katanya. 

Selain itu, melalui inseminasi buatan dapat memperbaiki mutu genetik ternak dan peternak tidak perlu memelihara sapi jantan sehingga akan menghemat biaya bagi peternak itu sendiri. 

"Kita berharap para peternak di Cilacap bisa meningkatkan hasil ternaknya dengan teknologi inseminasi buatan. Karena dapat juga menyuplai kebutuhan daging sapi bagi masyarakat luas," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: