Bukan Hanya Bumbu Dapur, Ini 5 Pilihan Obat Gigi Berlubang yang Mudah Didapatkan

Bukan Hanya Bumbu Dapur, Ini 5 Pilihan Obat Gigi Berlubang yang Mudah Didapatkan

Obat Gigi Berlubang-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Selain menggunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol, rasa sakit akibat gigi berlubang juga dapat dikurangi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Obat gigi berlubang yang tradisional melibatkan berbagai bahan herbal yang diyakini dapat mengurangi pembengkakan, nyeri, serta melawan bakteri di area gigi.

Tanda-tanda gigi berlubang dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya, tergantung pada lokasi dan ukuran lubang di gigi. Pada tahap awal pembentukan lubang yang kecil, gejala mungkin tidak terasa. 

Namun, ketika lubang telah berkembang menjadi lebih besar, gejala yang mungkin muncul melibatkan rasa sakit, sensasi ngilu, bau mulut, dan perubahan warna gigi menjadi kecokelatan atau hitam.

Meskipun obat gigi berlubang yang berasal dari bahan herbal tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan masalah gigi dan mengembalikan kondisinya seperti semula, penggunaannya dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat gejala gigi berlubang yang muncul.

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Kebersihan Gigi yang Perlu Kalian Tahu

BACA JUGA:Jenis Pasta Gigi Beserta Manfaatnya yang Perlu Kalian Tahu

Berikut beberapa rekomendasi obat gigi berlubang yang bisa Anda coba. 

1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung eugenol yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Sebagai salah satu obat gigi berlubang tradisional, minyak cengkeh terbukti memiliki manfaat melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan memberikan efek mati rasa pada bagian yang terasa nyeri.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan 15 tetes minyak cengkeh dengan 30 ml carrier oil, seperti minyak kelapa atau minyak bunga matahari. Setelah itu, Anda dapat mencelupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut dan mengoleskannya pada bagian yang terasa nyeri.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menambahkan sejumput minyak cengkeh ke dalam segelas air, dan menggunakan campuran tersebut sebagai obat kumur.

2. Bawang Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: