Per 11 Desember 2023, Pedagang Pasar Badog Mulai Pindah ke Lokasi Baru

Per 11 Desember 2023, Pedagang Pasar Badog Mulai Pindah ke Lokasi Baru

Pertemuan pedagang Pasar Badog dan Pasar Bancar dengan Dinperindag.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pedagang Pasar Badog dan Pasar Bancar, Kelurahan Bancar, Kecamatan PURBALINGGA, Kabupaten PURBALINGGA akan menempati bangunan pasar baru, mulai 11 Desember mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga Johan Arifin mengatakan, rencananya pedagang Pasar Badog dan Pasar Bancar, akan boyongan ke bangunan pasar baru, pada pertengahan bulan ini.

"Insya Allah, (pedagang akan pindahan) pada tanggal 11-18 Desember 2023," katanya kepada Radarmas, Rabu, 6 Desember 2023.

Dia menjelaskan, jumlah pedagang yang boyongan adalah sebanyak 407 pedagang eks Pasar Badog dan Pasar Bancar. "Mereka akan menempati los dan kios baru di Pasar Badog Bancar," jelasnya.

BACA JUGA:Desember 2023, Pedagang Pasar Badog Tempati Bangunan Baru

BACA JUGA:Kejar Target, Pasar Badog Bancar Purbalingga Harus Rampung November, Awal Januari Ditempati

Ditambahkan, lokasi pasar yang baru terletak 200 meter ke arah timur dari lokasi pasar saat ini. Lokasi pasar saat ini, menempati eks ruas jalan Jembatan Sungai Klawing lama.

Diungkapkan olehnya, pindahan pedagang dilakukan setelah pembangunan tahap kedua Pasar Badog selesai dilaksanakan pada tanggal 23 November 2023 lalu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga telah melakukan sejumlah pertemuan, untuk rencana pindahan pedagang tersebut. Terbaru, pertemuan dilaksanakan di bagunan pasar baru.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Pasar Badog dilanjutkan pada tahun 2023. Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menggelontorkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk pembangunan tahap kedua Pasar Badog.  Sedangkan, pembangunan tahap pertama Pasar Badog dilaksanakan pada tahun 2022, dengan nilai kontrak pembangunan Rp 2,3 miliar. 

BACA JUGA:Kejar Target, Pasar Badog Bancar Harus Selesai November Tahun Ini

Pasar Badog merupakan pasar yang menjual jajanan pasar atau tradisional dan sayuran. Selain itu, juga ada pedagang yang menjual sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Namun, tidak seperti pasar pada umumnya, Pasar Badog menempati jalan umum, yang sebelumnya menjadi akses menuju Jembatan Sungai Klawing lama.

Pasar ini satu lokasi dengan bangunan Pasar Bancar, yang sudah ditinggalkan pedagang yang memilih berdagang di depan pasar. Kondisi ini membuat kumuh lokasi. Sehingga, akhirnya Pemkab merelokasi pedagang dua pasar ini ke lokasi baru. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: