Atasi Kemacetan Jalan Pandansari, Muncul Usulan Jalan Lingkar Utara Kota Ajibarang

Atasi Kemacetan Jalan Pandansari, Muncul Usulan Jalan Lingkar Utara Kota Ajibarang

Meski sudah memiliki satu jalan lingkar di wilayah Ajibarang Wetan, pada wilayah Perkotaan Ajibarang dengan pusat kota di kecamatan diusulkan adanya jalan lingkar utara.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengatasi semakin parahnya kemacetan di Jalan Pandansari, muncul usulan jalan lingkar utara Kota Ajibarang, Kabupaten BANYUMAS.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Arif Akhmadi mengatakan, jalan lingkar saat ini yang sudah ada melewati Terminal Ajibarang. Jika dilihat dari pusat kota Ajibarang di Kantor Kecamatan, maka jalan lingkar tersebut masuk ke selatan.

"Usulan jalan lingkar melalui wilayah Pandansari berarti lingkar utara," katanya.

Arif mengatakan, munculnya usulan jalan lingkar utara Kota Ajibarang untuk mengatasi kemacetan seiring tingginya pertumbuhan wilayah Pandansari dan Ajibarang Wetan. Dari Pandansari, jalan lingkar utara Kota Ajibarang bisa direncanakan melalui wilayah Lesmana.

BACA JUGA:Tahun Ini Pasar Ajibarang Bakal Diperluas, Akses Masuk Pasar dari Jalan Lingkar

BACA JUGA:Diusulkan Bus Trans Jateng Trayek Ajibarang-Cilacap Via Wangon

"Trase jalannya bisa memadukan antara yang eksisting (lama) dengan yang baru," terang dia.

Dirinya sepakat adanya banyak jalan lingkar di wilayah Kota Ajibarang mempertimbangkan tata ruang dua puluh tahun ke depan.

Pemerintah daerah selayaknya dapat memenuhi ekspetasi masyarakat puluhan tahun ke depan terkait keberadaan jalan lingkar dengan membuat jalan lingkar yang bagus dengan kualitas yang sama dengan jalan nasional.

"Kalau kualitas jalan lingkar sudah dibangun dengan kualitas seperti jalan nasional, fungsi jalan di depan Kantor Kecamatan Ajibarang bisa ditukar menjadi jalan kabupaten dan jalan lingkar jadi jalan nasional. Pusat kotanya Ajibarang kan disana," pungkas Arif. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: