1.762 Rumah Tangga Tidak Mampu di Nusawungu, Cilacap Terima Listrik Gratis

1.762 Rumah Tangga Tidak Mampu di Nusawungu, Cilacap Terima Listrik Gratis

Pj Bupati Cilacap saat meresmikan bantuan listrik gratis di Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Sebanyak 1.762 rumah tangga tidak mampu di Kecamatan Nusawungu Kabupaten CILACAP, mendapatkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari pemerintah di tahun 2023 ini. 

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Wanhar mengatakan, tidak hanya di wilayah tertinggal, namun masih banyak masyarakat di perkotaan yang belum mendapatkan listrik.

"Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik baik di desa maupun di kota. Kita sasar ke 16 ribu rumah tangga di Jawa Tengah termasuk di Kecamatan Nusawungu Cilacap ini," kata dia. 

Program BPBL tersebut diperuntukan bagi wilayah yang sudah memiliki jaringan, sehungga hanya di tarik ke rumah-rumah. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat. 

BACA JUGA:Terminal Kroya Akan Direvitalisasi

BACA JUGA:Penyerang PSCS Cilacap Raffael Rodrigues, Masuk Daftar Pencetak Gol Terbanyak Pegadaian Liga 2

Sementara itu, Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah, bahkan jumlah penduduknya yang sangat banyak. Sehingga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Listrik sangat dibutuhkan bagi masyarakat terutama diera globalisasi ini. Dengan adanya listrik tentunya dapat memudahkan masyarakat dalam penerapan terutama dalam mendukung usaha ekonomi masyarakat," ujar Pj Bupati Cilacap.

Salah satu penerima manfaat Kasam mengatakan, selama ini dia hanya menyambungkan listrik dari tetangga. Dengan diberikan bantuan tersebut dapat memudahkan mereka untuk melanjutkan kehidupan. 

"Allhamdulillah dapat bantuan, selama ini menyalurkan listrik ke tetangga. Sekarang bisa masak, nonton sendiri," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: