Jangan Abaikan! Hal Sepele yang Menyebabkan Komstir Motor Matic Rusak
![Jangan Abaikan! Hal Sepele yang Menyebabkan Komstir Motor Matic Rusak](https://radarbanyumas.disway.id/upload/337a089e1e64faa0443fe7bee39ed922.png)
Jangan Abaikan! Hal Sepele yang Menyebabkan Komstri Motor Matic Rusak-youtube-
RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hal sepele yang menyebabkan komstir motor matic rusak, menjadi perhatian penting dikarenakan dapat membahayakan keselamatan pengendara.
Komstir bagi pengendara motor matic, bukanlah sekedar komponen asing. Ia memegang peranan krusial dalam keselamatan berkendara.
Komstir yang sehat ibarat juru mudi yang handal, memastikan motor matic Anda melaju sesuai arahan setang dengan stabil. Sebaliknya komstir yang rusak, dapat membuat handling motor matic tidak terkendali dan berujung pada kecelakaan.
Masalahnya, kerusakan komstir tidak selalu datang dari faktor-faktor yang mencolok. Seringkali terdapat hal sepele yang menyebabkan komstri motor matic rusak, berikut ini beberapa diantaranya:
1. Senangnya Melaju di Jalan Rusak dengan Kecepatan Tinggi
Polisi tidur dan jalan rusak memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara. Namun kebiasaan menerabas rintangan ini dengan Kecepatan Tinggi, dapat berakibat fatal bagi komstir motor matic Anda.
BACA JUGA:SIMAK !! 5 Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Vespa
BACA JUGA:5 Rekomendasi Ban Tubeless Motor Matic Terbaik yang Harganya di Bawah Rp 200 Ribu
Mengapa? Saat Anda menghajar lubang atau polisi tidur dengan kencang, tekanan yang diterima komstir menjadi sangat besar.
Tekanan ini lah yang membuat laher komstir cepat aus dan oblak. Ingat, perlambat laju motor Anda saat melewati jalan rusak, untuk menjaga kesehatan komstir kesayangan.
2. Kebiasaan Membawa Beban Berlebih
Motor matic memang dikenal dengan kepraktisan dan kemampuannya membawa barang, namun ada batasannya. Membiasakan diri membawa beban berlebihan entah itu barang bawaan ataupun penumpang, dapat membebani kerja komstir secara tidak wajar.
Akibatnya, laher komstir cepat mengalami keausan dan berujung pada kondisi oblak. Oleh karena itu, sebaiknya patuhi batas maksimum beban yang ditentukan pabrikan, untuk menjaga komstir motor matic Anda.
3. Servis Rutin? Apa Itu?
Servis rutin bukan hanya sekedar ritual untuk mengganti oli mesin. Ini adalah kesempatan bagi mekanik untuk memeriksa, dan membersihkan berbagai komponen motor matic Anda termasuk komstir.
BACA JUGA:Yuk Kenali! Arti Warna Asap Hitam dan Putih Pada Knalpot Motor Matic
BACA JUGA:5 Penyebab MIL Motor Matic Menjadi Sering Berkedip
Selama proses servis, mereka akan memeriksa kondisi laher komstir dan membersihkannya dari kotoran dan karat. Jika ditemukan keausan yang berarti, maka penggantian laher pun akan dilakukan.
Dengan menjalankan servis rutin sesuai anjuran pabrikan (biasanya setiap 2.000-3.000 km), Anda dapat mendeteksi masalah komstir sejak dini dan mencegah kerusakan yang lebih parah.
4. Mencuci Motor dengan Semangat yang Kelewat Batas
Menjaga kebersihan motor matic memang penting. Namun, perlu diingat bahwa ada cara yang tepat dan cara yang salah.
Mencuci motor matic, dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi langsung ke bagian komstir adalah contoh cara yang salah. Tindakan ini, dapat menyebabkan air masuk ke dalam laher komstir dan menimbulkan karat.
BACA JUGA:4 Penyebab Rem Motor Matic Bunyi Saat Ditekan
BACA JUGA:5 Cara Mudah Mengatasi MIL Motor Matic yang Berkedip yang Anda Perlu Tau!
Karat inilah yang kemudian mempercepat keausan laher dan mengakibatkan kondisi oblak. Sebaiknya, gunakan cara yang lebih lembut dalam mencuci motor matic Anda.
Gunakan air sabun dan spons untuk membersihkan kotoran, dan hindari mengarahkan semprotan air bertekanan tinggi langsung ke area komstir.
5. Gengsi dan Spare Part KW? Jangan!
Harga spare part asli, memang terkadang lebih mahal dibandingkan dengan spare part KW (tidak asli). Namun dalam hal komstir, penggunaan spare part KW justru akan merugikan Anda dalam jangka panjang.
Spare part KW biasanya, dibuat dengan bahan dan presisi yang tidak sesuai standar pabrikan. Hal ini menyebabkan spare part KW lebih cepat aus dan mudah oblak.
BACA JUGA:Mengenal 6 Manfaat Tune Up Motor Matic, Mesin Jadi Lebih Gacor!
BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Yamaha X-Ride dengan Desainnya yang Membuat Nyaman Berkendara
Akibatnya Anda harus lebih sering melakukan penggantian, yang pada akhirnya bisa berujung pada pemborosan yang tidak perlu. Untuk menjaga kualitas dan keawetan komstir motor matic Anda, gunakanlah selalu spare part asli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
Dampak Komstir Motor Matic yang Rusak
Keadaan komstir motor matic yang rusak tidak boleh dianggap sepele. Berikut beberapa dampak yang dapat ditimbulkan:
a. Handling yang tidak stabil: Komstir yang oblak, akan menyebabkan setang motor matic terasa goyang ketika dipegang. Hal ini tentu saja membuat Anda sulit mengendalikan arah motor matic, terutama pada kecepatan tinggi dan saat menikung.
b. Bunyi dengungan pada area komstir: Keausan pada laher komstir, biasanya disertai dengan munculnya bunyi dengungan yang tidak wajar pada area tersebut. Bunyi ini akan semakin keras, seiring dengan bertambahnya tingkat keausan laher.
BACA JUGA:10 Cara Mengatasi Tingginya Angka Kecelakaan Remaja Pengguna Motor Matic
BACA JUGA:7 Keunggulan Motor Matic Yamaha yang Jadi Favorit di Kalangan Anak Muda
c. Ban cepat aus tidak rata: Komstir yang rusak dapat menyebabkan keausan ban menjadi tidak rata. Hal ini disebabkan karena roda depan tidak lagi berputar dengan lurus dan stabil.
Jika dibiarkan terlalu lama keausan ban yang tidak rata ini, dapat menimbulkan getaran saat berkendara dan harus diganti dengan ban baru.
Dengan menghindari beberapa hal sepele yang menyebabkan komstir motor matic rusak, Anda dapat menjaga kinerja komstir tetap prima dalam jangka waktu yang lama. Ingat, pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati kerusakan yang sudah terjadi. (akr)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: