Rusak, Alat Sistem Peringatan Dini di Desa Selandaka Sumpiuh Masih Tunggu Perbaikan

Rusak, Alat Sistem Peringatan Dini di Desa Selandaka Sumpiuh Masih Tunggu Perbaikan

Pemotor melintasi alat penerima sinyal sistem peringatan dini di Desa Selandaka, Selasa (21/11/2023). Alat pengukur mengalami kerusakan.-FIJRI RAHMAWATI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alat early warning system atau sistem peringatan dini untuk banjir di Desa Selandaka Kecamatan Sumpiuh masih dalam kondisi rusak.

Kepala Desa Selandaka Suto Purwoko menceritakan alat sistem peringatan dini sudah pernah diperbaiki oleh instansi terkait. Namun, kembali tidak berfungsi.

"Alat untuk mengukur debit airnya yang rusak. Alat dipasang di sungai di Selanegara," terang Suto, Selasa (21/11/2023).

Suto sempat mengajukan usul agar alat ukur debit air pindah lokasi. Akan tetapi, setelah koordinasi dengan instansi terkait. Titik tersebut dinilai sudah yang paling pas.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem di Banyumas, 16 Desa Terendam Banjir dan 11 Titik Terjadi Longsor

BACA JUGA:Diguyur Hujan Lebat Semalaman, 7 Desa di Banyumas Timur Terendam Banjir

Apabila di pindah ke atas maka akan relatif jauh. Sebaliknya, di geser lebih ke bawah menjadi terlalu dekat.

"Susah jadinya, sistem peringatan dini banjir sudah rusak," imbuh Suto.

Sementara itu, alat early warning system yang berada di Desa Selandaka merupakan penerima sinyalnya. Akan berbunyi ketika debit air sungai meningkat hingga sampai ke pengukur. Apabila alat tidak mengalami kerusakan.

Pemerintah Desa Selandaka berharap instansi terkait kembali memperbaiki alat sistem peringatan dini banjir. Mengingat sudah memasuki musim penghujan.

Di Desa Selandaka terdapat beberapa RT yang kerap terdampak luapan sungai ketika musim penghujan. Alat early warning system dapat membantu warga. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: