Langganan Banjir Luapan, Kaligondang Bakal Bersih Sungai Ranu

Langganan Banjir Luapan, Kaligondang Bakal Bersih Sungai Ranu

TERGENANG: Luapan Sungai Ranu saat hari Minggu lalu sampai ke pemukiman warga.-Pemcam Kaligondang untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Langganan banjir luapan Sungai Ranu Kaligondang setiap tahun, menjadikan Pemerintah Kecamatan Kaligondang kembali turun tangan. Rencananya dalam pekan depan akan dilakukan bersih Sungai massal dengan semua unsur.

"Dulu 2 tahun yang lalu, pernah menggunakan alat berat. Endapan di sungai itu dikeruk. Namun karena sudah terlalu lama, maka potensi banjir tetap tinggi," kata Camat Kaligondang, Sugeng Riyadi Rabu 17 April 2024.

Seperti pada Minggu 14 April 2024 lalu,  mengakibatkan luapan sampai ke pemukiman. Sebagian rumah warga di beberapa desa mulai pukul 17.00 sampai malam tergenang.

"Minimal kami akan turun bersama membersihkan semua yang menganggu aliran sungai. Misalnya pohon yang masuk ke sungai dan lainnya," tambahnya.

BACA JUGA:Pos Pendakian Gunung Slamet Bambangan Mengaku Kesulitan Awasi Pendaki Sampai Puncak

BACA JUGA:Paska Libur Lebaran, Pemohon SIM di Satpas Polres Purbalingga Mebludak

Kegiatan bersih Sungai harus dilakukan karena setiap terjadi luapan, ada 4 desa terdampak. Yaitu Desa Cilapar, Penolih, Selanegara dan Desa Kaligondang.

"Selain Sungai Ranu ada luapan Sungai Lebak. Kami personil dari Kecamatan Kaligondang, BPBD dan Pemdes meninjau dan memantau ke beberapa lokasi genangan air. Apalagi saat hujan mulai mengguyur petang," ungkapnya.

Penanganan lain seperti pemasangan parapet dari karung pasir pernah dilakukan. Tujuannya agar luapan tidak semakin parah ke pemukiman. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: