Museum BRI, Wisata Sejarah dan Edukasi di Purwokerto yang Ada di Pusat Kota

Museum BRI, Wisata Sejarah dan Edukasi di Purwokerto yang Ada di Pusat Kota

Salah satu wisata Purwokerto yang harus kamu coba kunjungi adalah Museum BRI.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mungkin sebagian warga Banyumas dan sekitarnya sudah mengetahui tentang  Museum BRI (Bank Rakyat Indonesia). Museum BRI lokasinya ada di Jalan Jenderal Soedirman No. 55 Purwokerto, Kabupaten Banyumas atau tepatnya terletak di seberang markas Kodim 0701 Banyumas dan BRI cabang Purwokerto. 

Museum BRI dibuka pada tanggal 19 Desember 1990 oleh Kamardy Arief, Presiden dan Direktur Bank Rakyat Indonesia, yang merupakan satu-satunya museum perbankan di Indonesia dan terletak di pusat kota Purwokerto. Keberadaannya tak lepas dari sosok R. Aria Wiriatmaya.

R. Aria Wiriatmaja merupakan keturunan Raden Ngabehi Dipadiwirdja, seorang pegawai kompensasi pemerintah kolonial Belanda. 

Pada tanggal 16 Desember 1895, R. Aria Wiriatmaja adalah orang pertama yang mendirikan koperasi yang merupakan cikal bakal bank pertama di Indonesia. Sejak saat itu, tanggal tersebut dianggap sebagai tanggal lahir BRI

BACA JUGA:Deretan Wisata yang Cocok Untuk Anak dan Murah Meriah di Purwokerto

BACA JUGA:Kebun Teh Kemuning, Wisata Asri yang Terletak di Karanganyar

Pendirian bank ini diawali dengan pesta khitanan mewah yang diselenggarakan oleh seorang guru di Banyumas. R Aria Wiriatmaja yang saat itu bekerja sebagai pegawai kontrol Belanda di Banjaranegara terkejut dengan keberadaan partai tersebut.

Faktanya, saat itu gaji dan penghasilan guru belum cukup untuk menerima tamu dari kalangan pejabat penting, apalagi jika ada acara hiburan yaitu Tayuban. Saat ditanya mengenai hal tersebut, R. Aria Wiriatmaja terkejut dengan jawaban yang diterimanya. 

Pasalnya, acara khitanan yang diselenggarakan tersebut rupanya dibiayai dengan pinjaman berbunga sangat tinggi dari pegadaian. Atas dasar itu, ia kemudian mempertimbangkan untuk mendirikan lembaga keuangan sampai akhirnya lembaga keuangan ini pun didirikan.

Keberadaan lembaga ini diberi nama “De Poerwokertosche Hulp En Spaarbank der Inlandsche bestuur Ambtenaren”; atau Bank Priyayi. Bahkan bangunan yang menjadi cikal bakal bank ini masih terjaga dan terpelihara dengan baik.

BACA JUGA:Taman Kelinci Semarang, Wisata Edukasi yang Menyenangkan

BACA JUGA:Kuliner Malam Purwokerto Lezat yang Menggugah Selera

Keberadaan museum ini memberikan arsip dan dokumentasi sejarah yang berharga. Museum BRI terdiri dari dua  gedung yaitu Gedung Bank Priyayi dan Gedung Museum BRI. Gedung Priyayi memiliki luas kurang lebih 31 m2.

Dulunya Bank BRI pertama kali beroperasi di gedung ini. Sementara itu, kumpulan cerita tentang sejarah BRI dan Bank Nasional Indonesia secara umum dipajang di gedung Museum BRI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: