Tahapan Pemilu, Polresta Banyumas Pantau Eks Napiter di Banyumas

Tahapan Pemilu, Polresta Banyumas Pantau Eks Napiter di Banyumas

PEMANTAUAN : Wakapolresta Banyumas bersama Kabag Ops dan PJU Polresta saat melakukan pantauan di Posko Taktis operasi Mantap Brata Candi 2023 2024, Senin (30/10/2023). -POLRESTA UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Untuk melancarkan kesuksesan Pemilu pada 2024 mendatang, Polresta Banyumas terus melalukan pemantauan termasuk terhadap eks napi dan terorisme di Banyumas.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kabag Ops Kompol Agus Amjat Purnomo menjelaskan, meski tidak ada ancaman terorisme di Banyumas, akan tetapi pihaknya tetap menyiagakan tim khusus.

Dijelaskan, pemantauan dilakukan rutin melalui sistem pengamanan operasi mantap brata candi.

"Sistem pengamanan operasi Mantap Barata Candi, kita ada Satgas Dekteksi dari Intelejen dan Binmas, mereka melakukan pemantauan terhadap tokoh-tokoh, eks Napiter atau yang lainnya," katanya, Selasa (31/10/2023).

BACA JUGA:Logistik Pemilu Mulai Datang, KPU Banyumas Pastikan Keamanan Gudang

BACA JUGA:Cek Kesiapan Anggota Jelang Pemilu, Kapolda Jawa Tengah : Persiapan Hadapi Potensi Gangguan Keamanan

Termasuk untuk keamanan dan ketertiban masyarakat, dilaksanakan cooling system dengan menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat, serta meninjau ke lapangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan potensi yang mengganggu jalannya Pemilu

"Itu sudah kita laksanakan sejak dini. Kalau semua TPS di Banyumas memang dinyatakan kurang rawan, terpantau sampai sekarang situasinya cukup landai (aman, red)," jelasnya.

Begitu juga terkait titik-titik yang berpotensi mengalami gangguan pada saat jalannya pemilu speerti KPU, Bawaslu, gudang milik KPU.

Menurutnya, telah dikerahkan sejumlah personil untuk melakukan pengamanan di tempat tersebut.

BACA JUGA:Pemilih Pemilu 2024 Didominasi Generasi Milenial, Rentan Terprovokasi Berita Bohong

BACA JUGA:13 Ribu Petugas Diterjunkan untuk Amankan Pemilu 2024, Disebar di 5.964 TPS di Cilacap

"Mulai tanggal 19 Oktober mulai Operasi Mantap Brata Candi sudah kita amankan, personil melekat di KPU, Bawaslu, karena sudah ada logistik kotak suara yang datang, kita amankan sejak kemarin," paparnya.

Selain pengamanan dari Polisi terdapat juga pengamanan dari TNI Satpol PP dan Linmas.

"Nanti pola pengamanan masing-masing TPS, dua polri mengamankan 16 TPS dibantu 32 Linmas, atau satu Polri mengamankan delapan TPS dibantu 16 linmas," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: