Cek Kesiapan Anggota Jelang Pemilu, Kapolda Jawa Tengah : Persiapan Hadapi Potensi Gangguan Keamanan

Cek Kesiapan Anggota Jelang Pemilu, Kapolda Jawa Tengah : Persiapan Hadapi Potensi Gangguan Keamanan

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi saat mengecek kesiapan petugas Babinkamtibmas, Senin (23/10/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi meminta anggota kepolisian di wilayahnya agar siap sedia dalam menghadapi segala kemungkinan pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikannya setelah menyaksikan simulasi Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako) yang dirancang untuk menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan.

Bahkan Kapolda menekankan bahwa Sispam Mako tidak hanya relevan bagi jajaran Polres, tetapi juga harus mencakup jajaran polsek, karena Mako adalah simbol kesatuan yang tidak boleh diganggu dalam keberadaannya.

"Dalam rangka memberikan keamanan kepada satuan baik ditingkat Polda, Polres maupun ditingkat Polsek sudah kita latihkan semua," tegasnya, Senin (23/10/2023).

BACA JUGA:650 Personel Gabungan Lintas Sektor Dikerahkan Untuk Pengamanan Pemilu 2024 di Cilacap

BACA JUGA:13 Ribu Petugas Diterjunkan untuk Amankan Pemilu 2024, Disebar di 5.964 TPS di Cilacap

Selain itu, Kapolda menyebutan kegiatan Sistem Pengamanan (Sispam) sudah dilakukan sejak dimulainya tahapan Pemilu. Dari tahapan pendaftaran kemudian verifikasi data, pendftaran Calon Presiden hingga pada saat tahapan kampanye.

"Personil Polda Jawa Tengah sebanyak 22.750 bersama TNI serta stakeholder terkait yang akan bertugas pada 117.000 TPS. Tapi kita sudah mulai adakan Sispam begitu tahapan Pemilu dimulai," lanjutnya.

Secara keseluruhan Kapolda menyebut, dari sekitar 117.000 TPS, terdapat 290 tergolong TPS dengan kondisi rawan sekali, 750 dengan kondisi rawan sedangkan untuk TPS yang kurang rawan sekitar 116.000 TPS.

"Semua sudah kita antisipasi. Semua Kapolres sudah mengkalkulasi kebutuhan personil pada 3 jenis klasifikasi TPS tersebut," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: