Kabupaten Banyumas Raih Penghargaan Sertifikat Proklim Tahun 2023

Kabupaten Banyumas Raih Penghargaan Sertifikat Proklim Tahun 2023

SERAHKAN PENGHARGAAN : Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar menyerahkan penghargaan sertifikat proklim tahun 2023 kepada perwakilan dari Kabupaten Banyumas, Selasa (24/10/2023).-DLH UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Kabupaten Banyumas, meraih Penghargaan Sertifikat Program Kampung Iklim (Proklim) Utama Tahun 2023, Selasa (24/10). Proklim sendiri merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai upaya adaptasi dan mitigasi dalam menurunkan efek gas rumah kaca.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Widodo Sugiri mengatakan, penerima penghargaan ini adalah Desa Cikidang, Kecamatan Cilongok. Ia menuturkan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan juga edukasi dengan mengundang seluruh kecamatan dan juga desa.

"Kita buat surat edaran, setiap kecamatan mengusulkan minimal satu desa untuk menjalankan Proklim," ucapnya.

Proklim sendiri ia katakan, merupakan program rutin tahunan. Tahun lalu, Kabupaten Banyumas juga berhasil meraih penghargaan sertifikat Proklim.

BACA JUGA:Misi Pemberdayaan 4 Proklim Binaan Pertamina RU Cilacap Terverifikasi

BACA JUGA:Hari Keluarga Nasional 2023, Dua Gubernur dan Dua Kepala Sekolah Raih Penghargaan dari BKKBN

"Penilaian dilakukan bulan Agustus. Kalau proses data dimulai dari Januari sampai Mei," jelasnya.

Lanjut, untuk penilaian proklim dilakukan oleh pemerintah pusat langsung baik secara luring dan juga daring. Ada beberapa variabel yang menjadi bahan penilaian dari pemerintah pusat.

"Kemarin ada penilaian secara langsung. Itu penilaian dari pusat. Misal disana ada penanaman pohon, pengelolaan sampah, pemanfaatan energi terbarukan," terangnya.

Bagi penerima penghargaan ia sebut, akan mendapatkan piala dan juga hadiah uang Rp 10 juta rupiah. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan proklim di Desa Cikidang.

BACA JUGA:Sukses Berdayakan TKW Purna dan Mantan ABK, Kilang Cilacap Raih Penghargaan Bisra 2023

BACA JUGA:Mantap, Banyumas Raih Juara Umum 3 Popda Jateng 2023, Bonus dan Penghargaan Menanti

"Kita ingin setiap kecamatan ada satu desa yang masuk proklim. Jadi harapannya di Kabupaten Banyumas harapannya masuk kategori proklim khususnya di Banyumas, karena kita rasakan perubahan iklim saat ini begitu terasa," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: