Hari Keluarga Nasional 2023, Dua Gubernur dan Dua Kepala Sekolah Raih Penghargaan dari BKKBN

Hari Keluarga Nasional 2023, Dua Gubernur dan Dua Kepala Sekolah Raih Penghargaan dari BKKBN

BKKBN memberi penghargaan kepada 132 orang dalam rangkaian Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2023, empat di antaranya yaitu dua gubernur dan dua kepala sekolah.--

PALEMBANG, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberi penghargaan kepada 132 orang dalam rangkaian Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2023. Empat dari 132 penerima penghargaan itu adalah dua gubernur dan dua kepala sekolah.

Dua gubernur yang mendapat penghargaan dari BKKBN yakni Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, S.E., M.M dan Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M. Keduanya meraih penghargaan Manggala Karya Kencana bersama 56 bupati/walikota lainnya.

Dua kepala sekolah yang menerima penghargaan yakni Rida Syamsiah, S.Pd. M.Pd yang merupakan Kepala SMPN 1 Pujer Jawa Timur dan Tri Worosetyaning, M.Pd yang merupakan Kepala SMPN 2 Pakem, Sleman, Yogyakarta. Keduanya meraih penghargaan Darma Karya Kencana bersama 21 orang lainnya. 

Penganugerahan penghargaan di Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana Nasional serta Percepatan Penurunan Stunting diberikan pada Selasa (04/07/2023) malam di Griya Agung, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Penganugerahan yang diberikan langsung Kepala BKKBN Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) ini diberikan atas komitmen dan dukungan mitra kerja dalam melaksanakan program baik di Provinsi  dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini ikut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P, Kepala BKKBN Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K),  Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, M.H., M.M, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Dr. H. Rosjonsyah Syahili Sibarani SIP. MSi, dan dihadiri pula oleh Para Pejabat Tinggi K/L, Bupati, Wakil Bupati, serta Ketua Tim Penggerak PKK.

Sedangkan Tanda Penghargaan merupakan penghargaan dari Kepala BKKBN atas partisipasi aktif dan dukungan para mitra kerja Pemerintah, Non Pemerintah, organisasi profesi maupun individu. 

Adapun, penghargaan Bangga Kencana dari Kepala BKKBN terdiri dari empat jenis  yaitu Manggala Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, Wira Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana. 

Penghargaan Manggala Karya Kencana diberikan kepada 58 kepala daerah yang meliputi Gubernur, Bupati dan Walikota.

Manggala Karya Kencana juga diberikan kepada 47 Ketua Tim Penggerak PKK tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Penghargaan Wira Karya Kencana diberikan kepada empat paramedis, yakni tiga dokter dan satu bidan.

Penghargaan yang diberikan berikutnya yakni Darma Karya Kencana yang diberikan kepada 23 orang penerima. Dua diantara penerima penghargaan ini adalah kepala sekolah.

Kepala BKKBN Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menyampaikan bahwa pembangunan manusia menghadapi tantangan baru, karena total angka kelahiran sudah mencapai 2,14. Maka tidak cukup hanya kuantitas tetapi kualitas, serta penghargaan ini dilakukan untuk pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dan percepatan penurunan stunting dalam rangka menciptakan pembangunan yang secara fisik saja, untuk agar tidak stunting dan secara fisik sehat, ungkapnya

Selain itu, dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional ke-30 tahun 2023, dari target 3,5 Juta penerbitan akta kelahiran periode April s/d 20 Juni 2023, telah dikeluarkan 7.945.191 (221,9 %) akta kelahiran anak usia 0-6 tahun yang bertujuan untuk memenuhi hak dasar perlindungan dan pengakuan anak atas status pribadi  dan status hukum.

Sehingga pada kesempatan ini akan diserahkan akta kelahiran kepada anak Indonesia, secara simbolis disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bapak Hani Syopiar Rustam, S.H. kepada Ananda Kenzie Rendra Praditya usia 1 tahun, yang diterima oleh ayahanda Hendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: