Dua Warga Ajibarang Kulon, Banyumas Menderita Cerebral Palsy

Dua Warga Ajibarang Kulon, Banyumas Menderita Cerebral Palsy

Kepala Puskesmas I Ajibarang (berpeci) dan tim saat berkunjung ke rumah salah satu penderita Cerebral palsy di Grumbul Tambakan Desa Ajibarang Kulon, Kabupaten Banyumas.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Adanya kabar satu anak umur 9 tahun, warga Desa Ajibarang Kulon, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten BANYUMAS, yang diinformasikan kekurangan gizi atau gizi buruk diluruskan oleh pihak Puskesmas I Ajibarang.

Dari intervensi kesehatan yang dilakukan puskesmas, kecamatan dan desa, yang bersangkutan menderita Cerebral Palsy atau masalah saraf, yang menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan motorik tubuh.

Kepala Puskesmas I Ajibarang, H. Kabul Harsono SKM mengatakan, anak usia 9 tahun yang diinformasikan kekurangan gizi atau gizi buruk, sebenarnya anak menderita Cerebral Palsy. Data puskesmas sakit yang diderita sejak tahun 2014.

"Lebih ke Cerebral Palsy. Anak tersebut dulunya juga bukan termasuk Baduta stunting," katanya, Jumat (13/10/2023).

BACA JUGA:Memprihatinkan, Bocah 9 Tahun di Ajibarang Menderita Gizi Buruk

BACA JUGA:Operasional Hanggar Sampah Ajibarang Kulon, Banyumas Mundur

Kabul menjelaskan, di Desa Ajibarang Kulon untuk penderita Cerebral palsy tidak hanya satu orang. Satu orang lainnya merupakan balita warga Grumbul Tambakan. Dalam satu hari pada pekan ini, dari puskesmas dan kecamatan juga sudah turun ke lapangan menemui kedua keluarganya.

"Intervensi kesehatan sudah lama dilakukan bersama desa dan kecamatan. Itu sudah dari lama," terang dia. 

Disinggung mengenai tidak adanya Kartu Indosesia Sehat (KIS) oleh salah satu penderita Cerebral Palsy, dari Dinas Kesehatan Banyumas melalui puskesmas sedang memproses pembuatan KIS dari APBD II. Total ada empat orang dalam satu keluarga yang sedang diurus.

"Ada empat orang termasuk keluarganya. Semua masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," pungkas Kabul. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: