Operasional Hanggar Sampah Ajibarang Kulon, Banyumas Mundur

Operasional Hanggar Sampah Ajibarang Kulon, Banyumas Mundur

Ketua KSM Jibaku Bersih mempersiapkan dimulainya operasional hanggar di Ajibarang Kulon sembari menunggu keluarnya Perdes.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjadi satu-satunya hanggar sampah milik desa yang sudah selesai dibangun tahun ini di wilayah Kecamatan Ajibarang, Kabupaten BANYUMAS, operasional hanggar Ajibarang Kulon oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Jibaku Bersih belum terealisasi. Sebelumnya, hanggar ditarget operasional bulan ini. 

Ketua KSM Jibaku Bersih, Joko Prayitno mengatakan, awalnya ditarget bulan ini hanggar sudah dapat menjalankan pemilahan yang diambil dari warga dusun I. Namun, setelah melalui beberapa kegiatan perkumpulan, ternyata masih ada kendala pada iuran yang belum sesuai.

"Untuk iuran ternyata ada tiga rumah yang perhitungannya hanya satu. Perhitungan kami iurannya per rumah satu iuran," katanya, Kamis (12/10/2023).

Joko menjelaskan, terkait kondisi tersebut maka dibuat Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur tentang persampahan. Pihaknya masih berharap ada kesadaran dari warga untuk mendukung pengelolaan sampah yang mandiri oleh desa.

BACA JUGA:Operasional Hanggar Ajibarang Kulon Banyumas Ditarget Paling Cepat Oktober

BACA JUGA:Dorong Pengelolaan Sampah Berwawasan, Hanggar Ajibarang Kulon Dikelola KSM

"Yang tiga rumah bayar satu iuran cukup banyak. Mereka tidak bisa disalahkan, karena iuran yang sudah berjalan saat ini dengan pihak ketiga seperti itu," ungkapnya.

Dengan mundurnya operasional hanggar, pihaknya kembali menargetkan pemilahan sampah sudah dapat berjalan bulan depan. Setelah terbitnya Perdes, KSM dalam melangkah sudah memiliki dasar yang jelas.

"Tahun ini harus sudah mulai jalan," pungkas Joko. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: