Fakultas Pertanian Unsoed Berkolaborasi dengan CV Pesona21 Tingkatkan Variasi Produk Hidroponik

Fakultas Pertanian Unsoed Berkolaborasi dengan CV Pesona21 Tingkatkan Variasi Produk Hidroponik

Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan CV Pesona21 bersinergi dalam Upaya mengembangkan produksi sayur hidroponik, jenis sayur buah yaitu tomat ceri.-Fakultas Pertanian Unsoed untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan CV Pesona21 bersinergi dalam Upaya mengembangkan produksi sayur hidroponik. Sayur yang dikembangkan adalah jenis sayur buah yaitu tomat ceri.

Kolaborasi ini merupakan Kerjasama program pengabdian kepada Masyarakat pendanaan Direktorat Riset, Teknologi, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbudristek Bersama CV Pesona21 yang dipimpin Bangkit Setia Jati, bertema Penerapan Teknologi Formulasi Nutrisi Hidroponik Dalam Meningkatkan Variasi Produk dan Pendapatan “CV Pesona21” Purwokerto.

Pada Selasa, 28 Juli 2023 dilakukan sosialisasi dan transfer materi mengenai konsep produksi tomat ceri hidroponik, sampai dengan pemasaran di pasar modern. Dilanjutkan penanaman dan perawatan sampai November 2023.

Acara tersebut diisi oleh Ketua pengabdian Masyarakat, yaitu Nur Kholida Wulansari, S.P.M.P dan anggota Dr Endang Warih Minarni, S.P.M.P, Dewanti Risa Utami, S.P., M.Si.

Dalam sambutannya, Nur Kholida mengharapkan, kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini, CV Pesona21 dapat mengembangkan sayap sehingga menjadi industri yang mampu bersaing baik skala local dan Nasional.

Sementara pemimpin CV Pesona21, Bgankit Setia Jati menyatakan, menyambut baik dan dan berpartisipasi aktif dengan melibatkan seluruh staf dan mahasiswa magang MBKM.

Konsep pengembangkan variasi produk hidroponik dengan tomat ceri, yaitu dengan formula nutrisi semi organik. Formula nutrisi ini merupakan hasil riset yang cukup Panjang sehingga perlu untuk diaplikasikan di Industri. Formula nutrisi terdiri dari pupuk organik, pupuk hayati. Penggunaan pupuk organik dan pupuk hayati dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia. Pengurangan pupuk kimia ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas, ujar Nur Kholida.

Kegiatan pengabdian yang diinisiasi Fakultas Pertanian Unsoed dan CV. Pesona21 ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi CV. Pesona21 dalam mengambangkan produk sayur hidroponik sehingga dapat bersaing dengan Industri Nasional. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: