Resep dan Cara Membuat Nagasari, Kue Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Resep dan Cara Membuat Nagasari, Kue Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Resep dan cara membuat nagasari, kue pisang yang cocok dijadikan makanan penutup.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kue Nagasari merupakan salah satu jenis kue basah tradisional yang sangat populer hingga diwariskan dari generasi ke generasi dalam masyarakat Jawa. Kali ini kita akan membahas resep dan cara membuat nagasari, kue tradisional berbahan dasar pisang yang cocok dijadikan makanan penutup.

Bahan makanan yang digunakan untuk membuat nagasari yaitu tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, santan, air, pandan dan pisang. Pisang yang biasa digunakan sebagai isian nagasari umumnya adalah jenis pisang raja. 

Lalu nagasari biasanya dibalut dengan daun pisang ataupun dengan balutan daun pandan sehingga memunculkan aroma wangi. Paduan antara potongan kecil pisang raja, yang dibalut dengan tekstur adonan yang lembut membuat kue ini memiliki cita rasa yang khas.

Adonan nagasari terkadang ditambahkan sedikit tepung kanji sehingga agak kenyal. Namun resep nagasari klasik kali ini hanya perlu memakai tepung beras saja. Kalau kamu berminat bikin sendiri dirumah, berikut adalah resep dan cara membuat nagasari yang bisa kamu ikuti.

BACA JUGA:Cara dan Resep Mudah Bikin Combro Sendiri di Rumah

BACA JUGA:Enaknya Bakso Pekih, Bakso Legend Purwokerto yang Harus Kamu Cobain

Lebih simple dari biasanya, pada resep kali ini kamu dapat membuat nagasari langsung di satu loyang sehingga lebih mudah untuk menyajikannya. Nagasari yang sudah matang di loyang tersebut bisa dipotong kotak-kota baru kemudian diberi daun pisang dan plastik.

Resep Nagasari 

Bahan : 

- 2 buah pisang (iris bulat setengah dan sisanya iris memanjang) 

- 100 gram tepung beras 

- 100 gram tepung tapioka 

- 30 gram gula

- 1 sdt vanilli

- 100 ml santan 

- ¼ sdt garam 

Cara membuat nagasari : 

1. Campurkan tepung beras dengan tepung tapioka, gula, vanili, garam, dan juga santan, lalu aduk rata. 

2. Siapkan loyang di dalam kukusan, kemudian susun rapi irisan bulat pisang, baru setelah itu tuang adonan tepung cair hingga loyang penuh dan menutupi pisang. 

3. Di loyang selanjutnya, susun kembali pisang sama seperti tadi, lalu tuang sisa adonan. 

4. Kukus hingga matang.  

5. Setelah matang, nagasari tersebut bisa dipotong-potong dan dibalut dengan daun pisang atau plastik. 

6. Nagasari siap disajikan.

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Oleh-oleh Favorit para Wisatawan

BACA JUGA:Sejarah Lengkap Mendoan, Makanan Khas Banyumas Berbahan Dasar Tempe

Tips membuat nagasari pisang tepung beras:

1. Jika daun pisang yang akan kamu gunakan masih kaku, kamu harus menjemurnya terlebih dahulu. Waktu untuk menjemur daun pisang hanya sebentar hingga layu atau bisa juga dengan dipanggang sebentar di atas api hingga daun pisang layu dan tidak pecah saat akan dipakai untuk membungkus. Kalau ada bisa pakai daun pisang yang muda.

2. Gunakan santan kelapa yang segar untuk mendapatkan kue nagasari yang gurih dan lembut.

3. Kekentalan adonan dapat kamu sesuaikan dengan kondisi tepung beras. Namun apabila tepung beras masih terlalu kering, bisa ditambahkan sedikit santan lagi.

Dulu awalnya nagasari selalu dibungkus dengan daun pisang muda yang warnanya hijau kekuningan. Namun kini nagasari bisa dibungkus daun pisang biasa, bahkan ada juga yang memakai plastik tebal sebagai pembungkus nagasari. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: