Peran Penting KUR dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia

Peran Penting KUR dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia

KUR Memiliki Peran Penting dalam Memberdayakan UMKM di Indonesia -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sudah cukup lama diakui menjadi tulang punggung perekonomian di berbagai negara. Di Indonesia, sekitar 60 juta UMKM berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif. 

Salah satu instrumen yang memiliki peranan penting dalam pemberdayaan UMKM adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Lalu, apa saja peran KUR dalam mendukung dan memperkuat UMKM.

1. Akses ke Modal

Pemilik UMKM sering kali mengalami kesulitan dalam mengakses modal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis mereka. KUR hadir memberikan solusi dengan memberikan akses mudah ke peminjam dengan suku bunga yang terjangkau. Hal ini memungkinkan para pemilik UMKM untuk mengembangkan usaha mereka, meningkatkan produksi, dan menciptakan peluang kerja baru.

2. Peningkatan Produktivitas

KUR tidak hanya memberikan modal, tetapi juga memberikan pelatihan dan bimbingan kepada peminjam. Hal tersebut bisa membantu dalam peningkatan produktivitas UMKM.

BACA JUGA:Penjelasan Lengkap KUR BRI, Pengertian, Jenis, Syarat, dan Cara Mengajukannya!

BACA JUGA:KUR BRI untuk UMKM, Kenali Pengertian, Tujuan, Keuntungan, dan Manfaatnya

Contohnya, seorang petani mungkin menerima pelatihan tentang praktik pertanian yang lebih efisien, sementara pemilik warung mungkin mempelajari manajemen bisnis yang lebih baik. Peningkatan produktivitas ini menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

3. Penciptaan Lapangan Kerja

UMKM adalah penyumbang utama dalam penciptaan lapangan kerja. Dengan bantuan KUR, UMKM dapat memperluas operasi mereka, yang pada gilirannya menciptakan lebih banyak kesempatan kerja dalam komunitas lokal. Ini merupakan langkah penting dalam mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan.

4. Inklusi Keuangan

KUR juga berperan dalam inklusi keuangan. Sebagian besar UMKM tidak memiliki akses ke sistem keuangan formal. Melalui KUR, mereka menjadi bagian dari sistem keuangan yang lebih besar. Ini memberikan mereka akses ke layanan perbankan, menyederhanakan proses pembayaran, dan meningkatkan keamanan keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: