Honda

Penjelasan Lengkap KUR BRI, Pengertian, Jenis, Syarat, dan Cara Mengajukannya!

Penjelasan Lengkap KUR BRI, Pengertian, Jenis, Syarat, dan Cara Mengajukannya!

Penjelasan KUR BRI-BRI-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pada saat ini, program KUR (Kredit Usaha Rakyat) milik PT BRI telah berhasil membantu masyarakat secara luas. Tak heran jika penjelasan lengkap KUR BRI mengenai pengertian jenis, syarat, dan cara mengajukannya banyak dipertanyakan.

Program yang begitu baik ini memiliki tujuan untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disalurkan dengan sifat peminjaman.

 

KUR BRI diberikan kepada pelaku usaha yang mempunyai usaha produktif dan layak. Kemudian mereka juga tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.

 

Berikut informasi mengenai penjelasan KUR BRI, pengertian, jenis, syarat, dan cara mengajukannya yang telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

 

BACA JUGA:Beasiswa BRI 2023 untuk Mahasiswa, Cek Syaratnya!

BACA JUGA:Pesta Rakyat Simpedes: Kerap Ikut Pameran BRI, UMKM Kripik ‘So Kressh’ Punya Ribuan Re-Seller

 

Pengertian KUR BRI

 

Kredit Usaha Rakyat PT BRI atau yang disingkat sebagai KUR BRI merupakan kredit modal kerja kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak.

 

Plafonnya ditetapkan serta suku bunga lebih besar rendah sebesar 6% per tahun atau dengan suku bunga yang setara. Program KUR BRI telah dijalankan sejak tahun 2023.

 

Jika  pelaku usaha sudah meminjam lebih dari sekali, maka suku bunga yang dibebankan kepadanya lebih tinggi yakni naik 1% menjadi 7%.

 

Jika kembali melakukan pinjaman KUR, suku bunga akan kembali meningkat menjadi 8%. Bagi pelaku usaha yang sudah pinjam sebanyak tiga kali atau lebih akan dibenakan bunga sebesar 9%.

 

BACA JUGA:Pesta Rakyat Simpedes: Kerap Ikut Pameran BRI, UMKM Kripik ‘So Kressh’ Punya Ribuan Re-Seller

BACA JUGA:Sunarso, Dirut BRI Beberkan Alasan Mengapa Tidak Terburu-Buru Beralih Fully Digital Banking

 

Pembiayaan yang disalurkan untuk KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR. BRI mendapatkan alokasi penyaluran KUR 2023 sebesar Rp270 triliun.

 

Jenis KUR BRI

 

PT BRI sendiri menyediakan tiga jenis KUR BRI pada 2023 dengan limit yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

 

1. KUR Mikro

 

Jenis pertama yaitu KUR Mikro dengan besaran maksimal pinjaman senilai Rp25 juta. Masyarakat bisa meminjam di bawah nominal tersebut.

 

Syaratnya yakni keseriusan peminjam dalam menjalankan usahanya, utamanya di 3 bulan terakhir, peminjam pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dibuktikan dengan sertifikat, dan usaha yang dijalankan harus masuk kategori usaha produktif.

 

BACA JUGA:Super Apps BRImo Bertabur Fitur & Kian Digemari Masyarakat, Dirut BRI Bocorkan Rahasianya

BACA JUGA:Craftote: Gallery & Coffee di Kriyanusa 2023, UMKM Binaan BRI Ramah Lingkungan dengan Kualitas Ekspor

 

2. KUR Kecil

 

Berikutnya ada KUR Kecil yang ditujukan untuk pengusaha kalangan menengan dengan kemampuan membayar cicilan bunga flat. Batas maksimal dari pinjaman pada jenis ini yaitu Rp500 juta.

 

Adapun dua kategori pelunasan KUR Kecil yakni 3 tahun untuk usaha kredit modal kerja dan 5 tahun untuk Selain untuk pengusaha.

 

3. KUR TKI

 

KUR TKI merupakan jenis bantuan permodalan yang ditujukan kepada Tenaga Kerja Indonesia yang hendak bekerja di luar negeri namun tidak memiliki modal.

 

Batas pinjaman dari KUR TKI yaitu senilai Rp25 juta. Untuk jangka waktu pelunasannya paling lama 3 tahun.

 

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan KUR TKI antara lain KTP, KK, surat keterangan domisili dan surat keterangan sehat dari dokter.

 

BACA JUGA:Ketua Komisi VI DPR RI Apresiasi Penyaluran KUR BRI, Jaga Ketahanan Ekonomi

BACA JUGA:Dorong Ekonomi Rakyat, KUR BRI Perkuat UMKM di Masa Pandemi

 

Persyaratan KUR BRI

 

 

Pelaku usaha setidaknya sudah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan, serta tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan kartu kredit.

 

Selain itu, persyaratan administrasi mencakup identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.

 

Sedangkan untuk KUR TKI tinggal menambahkan perjanjian kerja dengan pengguna jasa, dan perjanjian penempatan.

 

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI

 

Pertama pastikan bidang usaha yang akan kalian ajukan untuk mendapat KUR adalah usaha yang produktif dan berprospek.

 

BACA JUGA:99 Persen Nasabah Merasa Puas atas Layanan KUR BRI

BACA JUGA:Pesta Rakyat Simpedes: Kerap Ikut Pameran BRI, UMKM Kripik ‘So Kressh’ Punya Ribuan Re-Seller

 

Siapkan dokumen pengajuan. Dokumen tersebut antara lain kartu identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha (akta pendirian usaha), izin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan lainnya.

 

Silakan kalian datangi kantor Bank BRI dan ikuti prosedur yang diterapkan. Setelah melewati fase survey atau wawancara maka tinggal  menunggu hasil keputusan dari BRI.

 

Penjelasan tentang KUR BRI tersebut tentu akan memudahkan kalian yang hendak mengikutinya agar usaha semakin maju atau berhasil menjadi TKI demi mencari rezeki di luar negeri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: