Pertamina dan BRI Gelar Sosialisasi dan Pembinaan bagi UMKM Penerima Pendanaan PUMK

Pertamina dan BRI Gelar Sosialisasi dan Pembinaan bagi UMKM Penerima Pendanaan PUMK

Foto bersama Pertamina dan peserta sosialisasi program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) di Cilacap-Pertamina untuk Radarmas-

CILACAP.RADARBANYUMAS.DISWAY.IDPertamina dan Bank BRI menyelenggarakan program "Sosialisasi & Pembinaan PUMK: Akselerasi Bisnis UMKM" untuk memberikan pendampingan dan pembinaan bagi pelaku usaha mikro, kecil (UMK) penerima pendanaan PUMK (Pendanaan Usaha Mikro Kecil) dari Pertamina.

Program ini merupakan kerja sama Pertamina dan BRI dalam menyalurkan pinjaman usaha bagi UMK binaan melalui skema PUMK dengan jasa administrasi 3%.

"Melalui PUMK dan kegiatan sosialisasi serta pembinaan ini, kami berharap dapat membantu mengakselerasi pertumbuhan bisnis UMK di berbagai wilayah operasional Pertamina khususnya di Kabupaten Cilacap. Program ini akan mendorong produktivitas, membuka peluang kemitraan, serta menjadikan UMK lebih berdaya saing dan berkelanjutan," ujar Dian Puspitarini, Manajer General Support RU IV PT Kilang Pertamina International.

Hadir sebagai pembicara adalah perwakilan dari Pertamina dan BRI serta narasumber yang telah berpengalaman dalam mengembangkan UMKM. Tri Aryatmo, Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Cilacap mengatakan, "Jasa administrasi PUMK yang rendah memberikan keringanan bagi UMK dalam mengembangkan usahanya. Kami mengajak para penerima PUMK untuk memanfaatkan peluang ini secara optimal agar bisnis mereka dapat terus tumbuh."

Program ini menyasar sekitar 329 UMK binaan Pertamina di Kabupaten Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga yang telah menerima pendanaan PUMK. Kegiatan serupa akan dilakukan di sejumlah wilayah lain guna mendorong tumbuhnya wirausaha tangguh dan mandiri di berbagai sektor usaha.

Dalam kesempatan ini pertamina juga melakukan sosialisasi Trade in  Bright kepada UMK Mitra Binaan. Program trade in LPG subsidi ke LPG non-subsidi. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: