Ini Penjelasan Lengkap Wayang Kulit Gagrag Asli Banyumas

Ini Penjelasan Lengkap Wayang Kulit Gagrag Asli Banyumas

Mengenal Keindahan Wayang Kulit Gagrag Asli Banyumas!-Cilacap.org-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Wayang kulit adalah salah satu seni budaya Indonesia yang indah dan kaya akan sejarah. Wayang kulit yang ada di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri.

Dari sekian banyaknya jenis wayang kulit, terdapat salah satu jenis wayang kulit yang patut diperhatikan yaitu Wayang Kulit Gagrag Asli Banyumas.

Kami akan mengajak anda untuk menjelajahi lebih dalam tentang seni wayang kulit asli Banyumas yang sangat istimewa ini.

Mengenal Wayang Kulit Gagrag

Wayang kulit gagrag merupakan salah satu jenis dari banyaknya wayang kulit yang ada di Indonesia. Wayang kulit gragag mempunyai gaya pedalangan yang berbeda dengan wayang kulit lainya, gaya pedalangan wayang kulit gragag menggunakan gaya pedalangan pakeliran. 

Istilah Pakeliran ini mecakup unsur-unsur yang terdiri dari lakon wayang (penyaji alur cerita pewayangan), sabet (gerak wayang), catur (Narasi dan cakapan), dan karawitan (Gendhing, sulukan dan properti panggung).

Gaya Pedalangan Wayang Kulit Gagrag

Gaya pedalangan wayang kulit gagrag banyumas berbeda dengan pertujungan wayang kulit yang lainya, karena wayang kulit gagrag menampilkan banyak nilai kehidupan yang sangat kuat.

Wayang kulit gagrag menampilkan nilai kehidupan masyrakat Banyumas yang jujur, sederhana, terbuka, bebas serta adaptif dalam perkembangan zaman.

Gaya pedalangan wayang kulit gagrag medapatkan pengaruh gaya pedalangan dari kraton Yogyakarta dan Surakarta. Meskipun begitu, wayang kulit gagrag tetap mempunyai cir khasnya sendiri.

BACA JUGA:Jadi Tempat Wisata Edukasi, Museum Wayang Banyumas Banyak Didatangi Pelajar dan Mahasiswa

BACA JUGA:Jauh dari Lampung, Penasaran dengan Museum Wayang Banyumas

Tokoh Wayang Kulit Gragag Banyumas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: