Hasil ANBK Bakal Jadi Rapor Madrasah, Siswa Diminta Serius dan Bertanggung Jawab

Hasil ANBK Bakal Jadi Rapor Madrasah, Siswa Diminta Serius dan Bertanggung Jawab

Pada hari kedua pelaksanaan ANBK di MAN 2 Banyumas pada Kamis (31/8), pengawas madrasah turun langsung melakukan monev.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) madrasah jenjang madrasah Aliyah pada Kamis (31/8) menjadi hari kedua dilaksanakan oleh MAN 2 Banyumas. Hasil ANBK nantinya akan menjadi rapor madrasah, sehingga pengawas pendidikan madrasah turun melakukan monitoring dan evaluasi ANBK.

Pengawas madrasah Banyumas, Sunaryo menekankan pentingnya dilaksanakan ANBK. MAN 2 Banyumas wajib mempersiapkan segala sesuatunya karaena hasil daru ANBK menjadi rapor dari madrasah. Baik atau buruknya hasil ANBK nantinya juga berpengaruh terhadap mutu madrasah.

"ANBK juga jangan sampai dianggap tidak berdampak langsung terhadap siswa. Siswa agar mengerjakan soal ANBK dengan serius dan bertanggungjawab," katanya.

Sunaryo menjelaskan sosialisasi dan simulasi ANBK kepada siswa sebelum pelaksanaan berperan sangat penting. Melalui simulasi siswa mendapat gambaran rill mengikuti ANBK yang berpengaruh pada adanya rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan ANBK dengan baik.

BACA JUGA:Seluruh Madrasah Didorong Buka Halaman Aduan Online

BACA JUGA:Dinporabudpar Banyumas Panggil KONI Banyumas, Soal Merosotnya Prestasi di Porprov

"Tidak boleh lupa, hasil ANBK selayaknya dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses sampai output pembelajaran di MAN 2 Banyumas," ingat dia.

Wakil Kepala MAN 2 Banyumas Bidang Akademik, M. Irfangi, SPdI MPd memastikam meskipun ANBK tidak berdampak langsung pada siswa sebagai peserta, tetap diberikan treatment khusus kepada peserta.

Khususnya pada mata pelajaran yang bersifat numerasi dan literasi juga mata pelajaran karekter yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan PPPKn).

"Untuk simulasi ANBK telah kami gelar pada 23 dan 24 Agustus," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: