LCCA dan LCCU 2023 Perkuat Karakter Kompetisi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

LCCA dan LCCU 2023 Perkuat Karakter Kompetisi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Pemukulan gong tanda dibukanya LCCA dan LCCU jenjang MI tingkat Kabupaten Banyumas oleh KaKanKemenag Banyumas, Dr. H Ibnu Asaddudin MPd bersama Kasi Pendidikan Madrasah, Dr. H Edi Sungkowo MPd, Selasa (28/11/2023).-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lomba Cerdas Cermat Agama (LCCA) dan Lomba Cerdas Cermat Umum (LCCU) untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) digelar di MIN 1 Banyumas, pada Selasa (28/11/2023).

Acara diawali dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, seremonial pembukaan lomba ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kantor bersama Kasi Pendidikan Madrasah.

Data yang dihimpun Radarmas, juara I LCCA diraih MIN 3 Banyumas, juara II dari MI Ma'arif NU Pageraji dan juara III oleh MI Ma'arif NU 2 Pancasan. Sementara untuk LCCU juara I diraih MIN 1 Banyumas, juara II dari MIN 2 Banyumas dan juara III oleh MIN 3 Banyumas.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kabupaten Banyumas Dr H Saridin MPd mengatakan, pelaksanaan LCCA dan LCCU bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa-siswi madrasah dan untuk mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan oleh KKM MI Kabupaten Banyumas.

BACA JUGA:Gagas Pembentukan Cabang Khusus PGRI Kemenag Banyumas

BACA JUGA:Penerapan Digipay Satker Kemenag Banyumas Mulai Tahun Depan

"Untuk pendanaan acara hari ini (Selasa) secara mandiri melalui pendaftaran masing-masing peserta," katanya.

Saridin memjelaskan, peserta LCCA dan LCCU jenjang MI adalah utusan dari KKM masing-masing kecamatan. KKM kecamatan dengan jumlah 10 MI kebawah mengirimkan satu peserta dan yang berjumlah di atas 10 MI mengirimkan dua peserta.

Kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Banyumas, dirinya mewakili rekan-rekan pengurus KKM MI Kabupaten Banyumas tak lupa menghaturkan atas dukungan yang selalu diberikan. 

"Pemenang dalam LCCA dan LCCU akan mendapatkan piala sekaligus penghargaan," terang Kepala MIN 1 Banyumas tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Dr H Ibnu Asaddudin MPd menjelaskan, karakter yang sudah terbentuk di madrasah tidak lain adalah kompetisi.

Jika setiap insan madrasah sudah menanamkan karakter dalam dirinya yaitu kompetisi, apapun kompetisinya baik Aksioma, Porseni sampai LCCA dan LCCU maka sebagai peserta tentunya sudah siap untuk bertanding.

"Oleh karena itu saya selaku kepala kantor menyambut gembira karena masing-masing madrasah telah menyiapkan diri melalui karakter kompetisi," ungkap dia.

Dilanjutkan, LCCA dan LCCU pada dasarnya adalah lomba antar pengawas madrasah. Bila pengawas madrasah telah mempersiapkan wilayahnya dengan baik maka wilayahnya yang akan menjadi juara. Selain itu LCCA dan LCCU juga merupakan lomba antar kepala madrasah. Jika kepala madrasah mempersiapkan dengan baik maka madrasahnya keluar sebagai juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: