Bawaslu Purbalingga Ingatkan Pelajar untuk Aktif dalam Pemilu 2024

Bawaslu Purbalingga Ingatkan Pelajar untuk Aktif dalam Pemilu 2024

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Purbalingga Teguh Irawanto, saat kegiatan penguatan profil Pelajar Pancasila, di SMAN 2 Purbalingga. (ADITYA/RADARMAS)--

 

Dia mebjelaskan, pendidikan politik kepada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih ataupun pelajar sebagai pemilih pemula sangat penting. Hal itu, untuk memastikan proses demokrasi menjadi semakin baik lagi.

 

Menurutnya, kesuksesan pemilu tidak lepas dari partisipasi masyarakat Indonesia salah satunya generasi milenial yang akan menjadi pemilih pemula.

 

BACA JUGA:Nama Direktur RSUD dr R Goeteng Taroenadibrata Dicatut untuk Penipuan

BACA JUGA:Penanganan Karhutla, Kendaraan Damkar Tidak Bisa Masuk Lokasi, Ini Upayanya

 

Dia mengkapkan, Pemilu tanpa peran masyarakat dapat menyebabkan lemahnya kapasitas kepemimpinan yang dihasilkan. Serta, legitimasi politiknya dipertanyakan dan hilangnya kepercayaan rakyat. 

 

Serta, Pemilu akan sangat berkualitas jika masyarakat terlibat pada pengawasan partisipatif. 

 

Dia juga mengungkapkan, pentingnya penanaman nilai-nilai demokrasi di dalam lingkungan sekolah. Yakni, kepada pelajar di sekolah tersebut.

 

"Penerapan nilai-nilai demokrasi salah satunya dengan diadakannya pemilihan OSIS. Serta, musyawarah mufakat di dalam kelas," lanjutnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: