Rem Motor Listrik Kurang Pakem? Ini Solusinya!

Rem Motor Listrik Kurang Pakem? Ini Solusinya!

Mengatasi Rem Motor Listrik Kurang Pakem-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pernahkah Anda merasakan rem motor listrik kurang pakem? Hal ini sering terjadi pada motor listrik kelas low-end yang umumnya memiliki harga terjangkau. 

Kurangnya daya cengkram pada rem dapat membahayakan keselamatan pengendara dalam berkendara. Untuk itu, mari kita bahas solusi tepat untuk mengatasi rem motor listrik yang kurang pakem, sehingga Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Namun, sebelum membahas solusinya, penting untuk memahami beberapa penyebab utama mengapa rem motor listrik bisa kurang pakem:

1. Kualitas Komponen Rem

Motor listrik dengan harga terjangkau sering kali menggunakan komponen rem yang kualitasnya tidak sebaik motor kelas atas.

2. Pemakaian dan Perawatan

Kurangnya perawatan rutin bisa menyebabkan kinerja rem menurun. Misalnya, kampas rem yang sudah tipis atau minyak rem yang sudah kotor.

3. Desain Sistem Rem

Beberapa motor listrik memiliki desain sistem rem yang kurang optimal, seperti cakram yang terlalu kecil atau kaliper yang kurang bertenaga.

Solusi Mengatasi Rem Motor Listrik Kurang Pakem

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan performa rem motor listrik Anda:

1. Pasang Kaliper Rem Aftermarket

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memasang kaliper rem aftermarket. Septian Wijaya, owner DCS Auto, merekomendasikan untuk menggunakan kaliper rem belakang tipe S55 buatan RCB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: