Evakuasi 8 Penambang Terjebak di Tambang Emas Ajibarang, Danlanal Cilacap : 3 Kopaska Akan Bantu Penyelaman

Evakuasi 8 Penambang Terjebak di Tambang Emas Ajibarang, Danlanal Cilacap : 3 Kopaska Akan Bantu Penyelaman

Danlanal Cilacap saat meninjau lokasi tambang emas yang menjadi tkp 8 penambang terjebak, Kamis (27/7/2023).-Dimas Prabowo/Radarmas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Tiga personil Komando Pasukan Katak (Kopaska) bakal membantu proses evakuasi 8 penambang emas yang terjebak di Tambang Emas Ilegal Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas.

Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno, M.Tr. Hanla.,M.Si., saat di lokasi mengatakan, terdapat tiga anggota Kopaska yang bakal dilibatkan dalam mengevakuasi para penambang yang terjebak.

"Sekarang ini obstaclenya (rintangan, red) banyak, tentunya kita akan melaksanakan penyelaman dengan prioritas keselamatan penyelaman," katanya.

BACA JUGA:Sempat Antar Anaknya ke Pesantren, Ini Pesan Terakhir Salah Satu Penambang yang Terjebak di Ajibarang

Untuk itu sebagai langkah awal, pada hari kedua operasi SAR Kamis (27/7/2023) hari ini dilakukan pengurasan air yang menggenai isi tambang.

"Saya minta ini langkah awalnya adalah pengurasan air dulu, sampai dengan besok pagi. Kalau memang tidak berhasil hentikan itu, obstacle yang menghalangi beserta selang-selang kabel listrik yang ada disitu, harus naik semua dulu. Baru kita akan laksanakan penyelaman secara fisik," jelasnya.

Upaya itu pun menurutnya, ialah ikhtiar agar kondisi para korban dapat diketahui dan dapat dilakukannya evakuasi.

"Kalau dari kamera kan (kamera hole,red) tidak kelihatan. Jadi kita kembali ikhtiar dengan segala usaha untuk meyakinkan dan menenangkan keluarga korban," terangnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: