Curi Batu Bara dari Kapal Tongkang, Seorang Nelayan Diamankan Petugas Lanal Cilacap

Curi Batu Bara dari Kapal Tongkang, Seorang Nelayan Diamankan Petugas Lanal Cilacap

Puluhan karung berisi batu bara yang dicuri nelayan berhasil diamankan oleh petugas Lanal Cilacap dan akan diserahkan ke kepolisian Polresta Cilacap agar ditindaklanjuti, Sabtu (9/9/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Aksi nekat dilakukan S (45), laki-laki yang sehari- hari sebagai nelayan, mencuri batu bara bersama 6 orang rekannya dari kapal tongkang saat bersandar di komplek dermaga Wijaya Pura CILACAP.

Awalnya, ketika petugas Lanal melakukan patroli malam sekitar pukul 19.30 WIB, mendapati beberapa orang yang tampak sedang membongkar batu bara dari atas kapal tongkang Azzam Aralima.

"Petugas curiga, lalu menyoroti mereka menggunakan senter. Dan para pelaku berusa melarikan diri," kata Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno ketika dikonfirmasi, Minggu (10/9/2023).

Selanjutnya, para petugas patroli melapor kepada Komandan Kali Serayu serta perwira intel. Ketika menuju ke lokasi kejadian untuk pengecekan, para tersangka sudah tidak ada di tempat.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Ketua RT dan RW di Cilacap Bakal Dapat Insentif

BACA JUGA:Cabuli 2 Murid di Bawah Umur, Guru Silat di Cilacap Diciduk Polisi

"Kita berinisiatif melakukan pengintaian hingga malam hari, karena kita meyakini para tersangka ini pasti akan kembali," lanjut Danlanal.

Benar saja, ketika pukul 01.15 tampak para pencuri tersebut kembali untuk melakukan aksi pencurian sehingga oleh petugas segera dilakukan pengrebekan dan berhasil ditangkap 1 orang sedangkan 5 orang lainnya berhasil melarikan diri ke darat.

"Tersangka mengaku berjumlah 6 orang, yang tertangkap 1 orang, sisanya berhasil melarikan diri, nanti pihak Polres yang akan menindak lanjuti," jelas Danlanal.

Untuk modusnya, ketika kapal tongkang pengangkut batu bara datang, para tersangka membuntuti hingga diketahui lokasi bersandar serta memetakan rencana aksi pencurian.

"Ketika hari mulai gelap, mereka segera memulai aksinya, beberapa naik ke atas kapal lalu membongkar muatan dan dimasukkan ke kapal pengangkut, jika aksi mereka tidak ketahuan kemungkinan mereka bisa membawa 5 ton batu bara," pungkas Danlanal.

Bersama 1 orang tersangka, juga diamankan puluhan karung berisi batu bara dengan berat total sekitar 2 ton dan 1 buah kapal, selanjutnya tersangka dan barang bukti diserahkan ke Satreskrim Polresta Cilacap. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: