Sebagian Jemaah Haji Banyumas Masih Dirawat di Madinah dan Klinik, Jelang Pemulangan ke Tanah Air

Sebagian Jemaah Haji Banyumas Masih Dirawat di Madinah dan Klinik, Jelang Pemulangan ke Tanah Air

Jemaah haji Banyumas kloter 72 tiba di GOR Satria Purwokerto, Kamis (27/7) siang.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADAR BANYUMAS - Masuk masa pemulangan jemaah haji Banyumas yang mulai datang di GOR Satria pada Kamis (27/7) siang ini hingga satu pekan ke depan, sebagian jemaah haji masih dirawat di Rumah Sakit King Fahd dan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Banyumas, H Ibnu Asaddudin, SAg MPd melalui Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU), Drs H Purwanto Hendro Puspito mengatakan di kloter 74 satu jemaah haji perempuan dirujuk dari KKHI Madinah ke Rumah Sakit King Fahd karena sakit jantung dan gagal ginjal. Informasi dari dokter kloter, ada kemungkinan jemaah haji tersebut tidak pulang bersama kloternya pada malam ini, Kamis (27/7).

"Mungkin tidak pulang hari ini (Kamis) karena belum layak terbang," katanya pada Radarmas, Kamis (27/7).

Hendro menjelaskan jemaah kloter 74 yang masih dirawat di Rumah Sakit King Fahd tidak hanya satu orang. Di kloter 75, satu jemaah haji laki-laki juga dirawat di Rumah Sakit King Fahd karena Demensia dan pulang ikut jadwal kloter berikutnya.

BACA JUGA:327 Jemaah Haji Tiba Dengan 8 Bus, Komplek Pendapa Dipenuhi Isak Haru

Sementara untuk jemaah yang masih dirawat di KKHI ada dua orang laki-laki dari kloter 74 karena Stroke dan Demensia. Hanya keduanya masih berpeluang dapat dipulangkan bersama dengan rombongan kloternya dan sampai di GOR Satria pada Jumat (28/7) sore.

"Insya Allah keduanya bisa pulang dengan rombongan kloternya malam ini. Satu jemaah kloter 74 yang mengalami stroke dari KKHI Mekkah langsung diantar ke Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah," terang dia.

Adapun Kamis ini (27/7) untuk kloter 72 sebanyak 23 jemaah dapat kembali ke tanah air dalam keadaan utuh tanpa ada yang meninggal dunia dan pulang lebih awal (tanazul). Sesuai jadwal, jemaah sampai di GOR Satria pukul 12.54 WIB. Dari 23 jemaah, satu jemaah langsung dijemput keluarganya di Solo karena ada keluarga yang meninggal dunia. Sementara untuk koper jemaah kloter 72 langsung ikut dibawa bus.

"Koper jemaah untuk kloter 73 dan seterusnya dapat diambil setelah sampai di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Banyumas," pungkas Hendro. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: