Tidak Ada Kata Libur untuk Operasional Menyerap 15 Kubik Residu di TPST Sumpiuh

Tidak Ada Kata Libur untuk Operasional Menyerap 15 Kubik Residu di TPST Sumpiuh

Karyawan TPST sibuk melakukan pemilahan sampah, Rabu (19/7), meski tanggal merah, karyawan tidak libur.-Fijri Rahmawati/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Libur Tahun Baru Hijriah, Rabu (19/7/2023) Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Sumpiuh tetap operasional. Karyawan semua bagian masuk kerja.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) TPST Sumpiuh, Sutarno mengatakan, tidak ada libur meski tanggal merah. Pekerjaan berjalan sebagaimana hari biasanya, terutama untuk mengolah sampah residu.

"Baru selesai ambil sampah di Jalan Protokol Sumpiuh, selesai sekira jam 07.20," ujar Sutarno pada Radarmas.

BACA JUGA:TPST Sumpiuh Tetap Ngebul di Hari Libur, Kondisikan Sampah di Jalan Protokol

Sampah pelanggan dari Jalan Protokol Sumpiuh langsung masuk ke mesin dan dipilah oleh karyawan. Bagian lain di TPST seperti personil untuk operasional mesin pirolisis juga sibuk.

Sekretaris TPST Sumpiuh, Aris Widarto menambahkan, dengan tidak libur di tanggal merah, dapat mengurangi tumpukan sampah residu yang dimusnahkan di mesin pirolisis.

"Satu shift operasional mesin pirolisis menyerap lima kubik sampah residu. Ada tiga shift jadi yang terserap mencapai 15 kubik. Kalau libur, sampah residu menumpuk," imbuh Aris.

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru Islam, 2 Ribu Orang Meriahkan Pawai Ta'aruf yang Digelar Pemkab dan Kemenag Banyumas

Oleh karena itu, untuk menekan terjadinya tumpukan sampah residu di TPST, meski sedang tanggal merah karyawan tidak diliburkan.

Selain itu, tidak libur bagi karyawan TPST Sumpiuh, sebagai antisipasi munculnya komplen dari pelanggan. Termasuk di jalur protokol yang menjadi prioritas penanganan sampah. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: