Kabupaten Cilacap Target Zero TBC Pada Tahun 2028

Kabupaten Cilacap Target Zero TBC Pada Tahun 2028

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jumlah kasus penyakit Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Cilacap masih tinggi, yakni mencapai 4.702 kasus. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap berupaya melakukan penanganan serius. 

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri mengatakan, pihaknya mencatat ada 4.702 kasus TBC yang diobati di fasilitas kesehatan, jumlah tersebut melebihi perkiraan sebanyak 3.451 kasus. 

"Di tahun ini estimasi kasus dari Kementerian Kesehatan mencapai 6.225, namun sampai awal Agustus batu mencapai 2.428 kasus yang terobati atau sekitar 39 persen," katanya. 

Dengan demikian, kata Awaluddin pihaknya melakukan optimalisasi dan percepatan penanganan TBC agar pengendalian TBC di Kabupaten Cilacap bisa teratasi. 

BACA JUGA:Ramai Kadernya Dukung Calon Lain Pada Pilkada, DPD Golkar Cilacap : Tindakan Ilegal Internal dan Akan Disanksi

BACA JUGA:Akhir Pekan Wilayah Cilacap Berpotensi Diguyur Hujan

"Kita upayakan di tahun 2028 Kabupaten Cilacap bisa zero kasus TBC," kata Awaluddin.

Pihaknya juga telah membentuk Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan Tuberculosis (Satgas P2TBC) di kecamatan, salah satunya di wilayah Kecamatan Binangun.

"Satgas ini nantinya bisa berperan aktif sesuatu tupoksi masing-masing tugas. Sehingga dalam penanggulangan semua unsur terlibat, tidak hanya di tingkat atas namun hingga ke tingkat bawah," ujar Awaluddin. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: