Sambut Tahun Baru Islam, 2 Ribu Orang Meriahkan Pawai Ta'aruf yang Digelar Pemkab dan Kemenag Banyumas

Sambut Tahun Baru Islam, 2 Ribu Orang Meriahkan Pawai Ta'aruf yang Digelar Pemkab dan Kemenag Banyumas

Ribuan pelajar dan santri mengikuti Pawai Taaruf menyambut Tahun Baru 1445 Hijriah, Selasa sore (18/7/2023). Pawai tersebut di ikuti oleh 50 peserta/tim yang terdiri dari TPQ, Sekolah dan Ponpes yang ada di Kabupaten Banyumas. Setiap tim/peserta berisi se-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas bersama Kementerian Agama dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menggelar Pawai ta’aruf, Selasa (18/7/2023) pukul 15.00 WIB.

Pawai ta'aruf itu dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan dan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah yang jatuh pada Rabu (19/7/2023) besok.

Pawai diikuti dua ribu peserta dari 50 pesantren dan TPQ (Taman Pendidikan Qur'an) dengan star dari Pendopo Wakil Bupati lalu berjalan hingga finish di Pendopo Sipanji.

BACA JUGA:Sempat Diguyur Hujan, Pawai Ta'aruf Pemkab Banyumas Tetap Meriah Meski Tanpa Kembang Api

Kabag Kesra Setda Banyumas Suwondo menjelaskan, pawai ta’aruf ini dilakukan untuk memperingati sekaligus mensyiarkan Tahun Baru Islam.

“Pesertanya sendiri sekitar 2000 siswa yang terdiri dari kurang lebih 50 sekolah di Kabupaten Banyumas,” katanya.

Dijelaskan, pawai tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Banyumas, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Kementerian Agama.

BACA JUGA:Rute Pawai Ta'aruf Perayaan Hari Besar Islam 1 Muharram Diubah

Senada dengan hal itu, Kepala Kantor Kemenag Banyumas, Ibnu Asaduddin menerangkan, pawai ini digelar untuk memeriahkan tahun baru Islam.

"Kementerian agama dalam hal ini didukung oleh Pemkab kita akan melepas awai ta'aruf, bukan hanya tahun baru masehi yang kita meriahkan akan tetapi juga tahun baru Islam," katanya.

Diharapkan dengan kegiatan itu, menurutnya, dapat menyiarkan nilai-nilai ajaran Islam yang penuh dengan moderasi.

"Tujuannya mensyiarkan bahwa islam itu penuh rahmat, penuh dengan kasih sayang, tidak terlalu kanan dan tidak terlalu kiri, tapi di tengah-tengah," paparnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: