Tiga Jam Baru Padam, Kebakaran Tempat Penggilingan Padi Rugi Hingga Ratusan Juta Rupiah

Tiga Jam Baru Padam, Kebakaran Tempat Penggilingan Padi Rugi Hingga Ratusan Juta Rupiah

Petugas Damkar melakukan pendinginan di lokasi kejadian, Minggu (11/6)-Damkar Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Selama tiga jam, si jago merah yang melahap tempat penggilingan padi UD Wana Mandala berhasil dipadamkan. Kebakaran itu terjadi pada Minggu (11/6), lokasi tepatnya di Desa Bangunreja RT 04 RW 04, Kecamatan Kedungreja.

Akibat kebakaran tersebut, sejumlah padi, beras, dan alat penggilingan hangus di lalap si jago merah.

Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi mengatakan, kejadian tersebut berlangsung sekira pukul 08.00 WIB. Saat itu, sejumlah saksi yang juga merupakan karyawan pabrik melihat kepulan asap dari belakang mesin.

BACA JUGA:Tiga Dusun di Kawunganten Krisis Air Bersih

"Mesin ini tempat pembuangan asap knalpot penggiling padi. Ada kepulan asap dari belakang. Mereka kemudian melihat untuk mengecek apa yang sedang terjadi," jelas Supriyadi. 

Usai melakukan pengecekan, para saksi pun melihat adanya api yang sudah mulai membakar di sekitar mesin penggilingan padi tersebut. Mereka pun mencoba untuk memadamkan api, namun upaya tersebut belum berhasil. 

"Api kemudian menyambar ke tempat lain. Karena tidak dapat dipadamkan akhirnya menghubungi Pos Damkar Sidareja. Dan mereka masih berupaya memadamkan api pakai alkon," kata Supriyadi.

BACA JUGA:Rumah Warga Karangasem Kebakaran Diduga Korsleting Linstrik, Pemilik Rumah Alami Luka Bakar di Bagian Tangan

Sekitar pukul 08.20 WIB, Pos Damkar Sidareja pun tiba di lokasi. Sesampainya di tempat kejadian, para petugas pun berjibaku untuk memadamkan api. Hingga tiga jam kemudian api pun berhasil dipadamkan.

"Kita menghabiskan air sampai 20 ribu liter. Dan kerugian akibat kebakaran tersebut cukup besar sekitar Rp 219 juta. Alhamdulillah nya tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran tersebut dan sebagian beras dan padi berhasil diselamatkan," jelas Supriyadi.

BACA JUGA:Baru 1 Desa Wisata di Cilacap Berstatus Berkembang dari 29 Desa Wisata

Supriyadi menambahkan, pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut. Pihaknya pun masih melakukan penyelidikan. Hanya saja, saat ini dugaan sementara, api berasal akibat  percikan api cerobong tempat pembuangan asap kenalpot mesin penggilingan padi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: