Baru 1 Desa Wisata di Cilacap Berstatus Berkembang dari 29 Desa Wisata

Baru 1 Desa Wisata di Cilacap Berstatus Berkembang dari 29 Desa Wisata

Sejumlah pengunjung mendatangi Museum Soesilo Soedarman di Gentasari Kroya -Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Di Kabupaten Cilacap saat ini memiliki 29 desa wisata. Namun baru 1 desa wisata yang memiliki status berkembang.

"Desa wisata lainnya masih berstatus rintisan," ujar Kabid Pemasaran dan Ekraf Disporapar Cilacap, Erni Suharti.

Adanya desa wisata ini, tentu bisa jadi rujukan wisata di Kabupaten Cilacap selain wisata laut

Adapun beberapa desa wisata tersebut yakni Samudera Mandiri di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun, Karangbanar di Desa Jetis Kecamatan Nusawungu.

BACA JUGA:Rute Trans Banyumas Sampai ke RSUD Banyumas Masih Dibahas

Kemudian, Cimendaway Indah di Desa Datar Kecamatan Dayaeuhluhur, Talabunsa di Desa Pamulihan Kecamatan Karangpucung, Kumandang Wisata di Kelurahan Kutawaru Kecamatan Cilacap Selatan. 

Curug Geulis di Desa Cisuru Kecamatan Cipari, Genta Wisata di Desa Gentasari Kecamatan Kroya, Desa Wisata Rahayu di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya, dan  Lewih Mangu di Desa Karanggedang Sidareja. 

Bojong Tirta Indah di Bojongsari Kecamatan Kedungreja, Ekowisata Tambaksari di Desa Tambaksari Kecamatan Wanareja, dan Wagir Indah di Desa Welahan Wetan Kecamatan Adipala.

BACA JUGA:Proses Pengawasan Berkas, Bawaslu Banyumas Sebut Ada Keterbatasan Akses

Selanjutnya Alam Lestari di Desa Sumpinghayu Kecamatan Dayeuhluhur, dan Curug Tonjong Panto Cinagara di Desa Sadahayu Kecamatan Majenang.

Erni mengatakan, desa wisata di Cilacap sebenarnya memiliki paket komplit. Tidak hanya memiliki potensi wisata di pegunungan, tetapi juga wisata budaya, religi dan perairan.

"Memang untuk desa wisata di Cilacap kita sudah banyak. Target awal kita hanya 10 desa wisata, namun hingga saat ini sudah 29. Dari jumlah tersebut baru satu yang berstatus berkembang yakni desa wisata Karangbanar Jetis," katanya. 

BACA JUGA:Satu Hari Bersihkan Sampah Di Teluk Penyu, Terkumpul Hampir 1 Ton

Pihaknya pun terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas SDM maupun upaya pengembangan desa wisata tersebut. Apalagi Pj Bupati Cilacap telah meminta Kemenparekraf agar pengelola desa wisata di Cilacap untuk ditingkatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: