Awas! Hingga Juni 55 Kasus DBD Menimpa Purbalingga, 1 Orang MD

Awas! Hingga Juni 55 Kasus DBD Menimpa Purbalingga, 1 Orang MD

Fogging : Petugas kesehatan melakukan fogging di wilayah Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah, Jumat 9 Juni 2023 pagi.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hingga pekan kedua Juni 2023, tercatat 55 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) menjangkit di Kabupaten PURBALINGGA. Satu orang anak di bawah umur asal Kecamatan Kalimanah, meninggal karena dugaan DB itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dr Jusi Febrianto MKes menjelaskan, khusus DBD, semua wilayah di Kabupaten Purbalingga masuk endemik DBD. "Kami sudah laksanakan fogging pada Jumat 9 Juni 2023 pagi di wilayah Kecamatan Kalimanah. Sehari ini kami fogging dua desa. Yaitu Selabaya dan Grecol," jelasnya.

Data Dinkes Kabupaten Purbalingga, sebelumnya sejak awal Januari hingga April 2023, ada 35 kasus DBD di Kabupaten Purbalingga. Terdiri dari 21 pasien laki-laki dan 14 pasien perempuan.

Sampai awal Mei jumlah kasus terbanyak ditemukan di wilayah Puskesmas Kalimanah. Di wilayah ini, ditemukan kasus DBD lebih dari 5 pasien.

Berada di posisi selanjutnya, adalah Puskesmas Bukateja, Puskesmas Padamara, Puskesmas Bojongsari, serta Puskesmas Serayu Larangan. Kemudian di sejumlah kecamatan lainnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu melakukan PSN di rumah dan lingkungannya. Hal itu dilakukan untuk tindakan pencegahan. 

Langkah kader kesehatan desa untuk turun ke bawah juga sangat dikedepankan. Misalnya pemberantasan sarang nyamuk dan menjaga hidup bersih dan sehat. 

Camat Kalimanah, Wijayanto SSos, Jumat 9 Juni 2023 membenarkan adanya kasus DBD di wilayahnya. Hingga hari ini ada 2 pasien DBD masih dirawat di dua rumah sakit di Kabupaten Purbalingga. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: