Cilacap Kembali Diguncang Gempa, Sudah Ada 102 Kejadian Gempa di 2023

Cilacap Kembali Diguncang Gempa, Sudah Ada 102 Kejadian Gempa di 2023

Cilacap Kembali Diguncang Gempa-BMKG CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kabupaten CILACAP kembali diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4,5, Jumat 12 Mei 2023 pukul 04.56 WIB. Gempa tersebut pun dirasakan sejumlah warga di Kabupaten CILACAP

Kepala BMKG Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, pusat gempa tersebut berada di koordinat 8.41° lintang selatan, 109.01° bujur timur, atau terletak 76 kilometer tenggara Cilacap, pada kedalaman 15 kilometer.

"Gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami, dan sampai sekarang tidak terjadi gempa susulan atau aftershock," katanya.

Hery mengatakan, berdasarkan analisis BMKG jenis gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke lempeng Eurasia. 

"Kabupaten Cilacap memang merupakan wilayah rawan gempa. Karena memang terdapat lempengan tektonik di selatan Jawa, yang merupakan sumber sering terjadinya gempa," ujarnya. 

Dikatakan Hery, sejak Januari 2023, sudah terdapat 102 kejadian gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Cilacap. 

"Pada Januari lalu, ada 28 kejadian gempa, Februari 18 kejadian, Maret 22 kejadian, pada bulan April ada 23 kejadian, dan Mei hingga hari ini ada 11 kejadian. Totalnya sendiri ada 102 kejadian," katanya. 

Kendati demikian, masyarakat diminta untuk tidak panik. Dia meminta masyarakat untuk memperkuat mitigasi bencana di wilayahnya masing-masing. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: