Mantap! Capaian Target Pembuatan KIA di Purbalingga Dekati Target Nasional

Mantap! Capaian Target Pembuatan KIA di Purbalingga Dekati Target Nasional

JEMPUT BOLA : Dinpendukcapil Purbalingga jemput bola pembuatan KIA di Desa Karanggambas-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Capaian target pembuatan Kartu Identitas Anak atau KIA di Kabupaten Purbalingga, sudah hampir mendekati target nasional.

Berdasarkan data yang ada, capaian target pembuatab KIA di Kabupaten Purbalingga sudah mencapai 43,61 persen per Januari 2023 lalu. Target nasional adalah 50 persen dari jumlah wajib KIA.

Sub Koordinator Identitas Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga Aries Setyamami mengatakan, capaian target KIA akan terpenuhi dalam waktu dekat ini.

Setyamami menambahkan, untuk mencapai target nasional tersebut, pihaknya melakukan sejumlah terobosan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan program jemput bola pembuatan KIA. Terbaru dilaksanakan di Balai Desa Karanggambas Kecamatan Padamara,  Kamis, 4 Mei 2023.

Setyamami mengungkapkan, program  jemput bola pembuatan KIA sebagai upaya percepatan hak anak untuk memperoleh dokumen kependudukan.

"KIA ini sangat penting, karena saat anak sudah memiliki KIA fungsinya sama dengan memegang KTP," ungkapnya

Sekedar diketahui, KIA kedepannya bisa digunakan untuk akses pendidikan, akses kesehatan dan akses perbankan. "Artinya walaupun belum memiliki KTP kalau sudah memegang KIA ini berarti sudah bisa membuka rekening sendiri," katanya.

Selain itu, kedepan KIA juga akan menjadi syarat anak untuk masuk sekolah. 

Pembuatan KIA menurutnya sangat mudah. Yakni, dengan melakukan verifikasi data dengan menyerahkan fotokopi KK, KTP orang tua dan Akte Kelahiran. Setelah proses verifikasi, peserta melaksanakan proses perekaman atau foto.

Pemilih KIA juga akan mendapatkan keuntungan lainnya di Kabupaten Purbalingga. Salah satunya adalah diskon tiket masuk ke beberapa objek wisata di Purbalingga, hasil kerja sama Pemkab Purbalingga dengan pengelola objek wisata.

Diantaranya, Diskon 100 persen tiket yang masuk TWP Purbasari Pancuran Mas memberikan tiket bebas masuk. Diskon tiket maauk Owabong sebesar 30 persen. Serta, diskon tiket masuk Wahana D’Las Dino Land sebesar 50 persen.

Lebih lanjut, Mami menjelaskan sasaran program ini adalah anak yang belum berusia 17 tahun dan memiliki kartu keluarga Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: