Ibu Melahirkan di Puskesmas Langsung Dapat Tiga Dokumen Kependudukan Baru

Ibu Melahirkan di Puskesmas Langsung Dapat Tiga Dokumen Kependudukan Baru

Sejumlah perwakilan dari UPTD Puskesmas se Kabupaten Cilacap saat ikuti bimbingan teknis terkait inovasi 3 in 1, Rabu 23 Agustus 2023.-Julius Purnomo/Radar Banyumas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap menggandeng 38 UPTD Puskesmas, serta beberapa Rumah sakit umum milik daerah maupun swasta, untuk berikan inovasi pelayanan 3 in 1 bagi keluarga yang baru melahirkan.

"Langsung akan mendapatkan tiga jenis dokumen kependudukan baru yaitu akta kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak," terang Kepala Disdukcapil, Annisa Fabriana melalui Sub Kordinator Pemanfatan data dan Inovasi, Agus Supriyadi, Rabu (23/8/2023).

Dia mengatakan, inovasi itu saat ini sedang dipersiapkan. Tinggal menunggu persetujuan dari mereka Puskesmas. Pasalnya akan sedikit memberikan beban pekerjaan bagi SDM di Puskesmas.

"Dengan skema tersebut tentunya akan lebih memangkas birokrasi bagi keluarga yang hendak mengurus dokumen kependudukannya," katanya.

BACA JUGA:Jatah Terbatas, Blangko E-KTP di Disdukcapil Cilacap Kosong

BACA JUGA:Tertimpa Pot Saat Bermain, Anak Kelas 2 SD Meninggal Dunia

Aadi ada dua opsi yang bisa dilakukan. Masyarakat dapat mengambil dokumen di ke Puskesmas, atau menggunakan sistem COD, sehingga dokumen bisa langsung dikirim ke rumah.

Jika masyarakat mengendaki opsi kedua atau dengan sistem COD, akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu. Dituangkan dalam sebuah surat pernyataan.

"Kita sudah kerjasama dengan PT POS Indonesia, jadi ada pembiayaan tambahan, tapi masyarakat cukup di rumah saja tidak perlu ke Puskesmas atau ke Kantor Disdukcapil," tegas Agus.

Saat ini, baik pihak Disdukcapil maupin Puskesmas, akan menggadakan pertemuan kembali untuk mematangkan skema kerja sama tersebut.

BACA JUGA:Ini Syarat Agar Urus E-KTP Tak Perlu Pengantar RT, Desa dan Kecamatan

BACA JUGA:Terdampak Kekeringan Parah, Warga Dusun Cilulu Terpaksa Berjalan 2 Km untuk Dapat Air Bersih

"Ini dalam rangka reformasi birokrasi, sangat meringankan masyarakat," pungkas Agus. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: