INI 4 ALASAN Mengapa Motor Listrik Tidak Boleh Menerobos Banjir

INI 4 ALASAN Mengapa Motor Listrik Tidak Boleh Menerobos Banjir

Inilah Alasan Mengapa Motor Listrik Tidak Boleh Menerobos Banjir-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam era modern di mana perubahan iklim semakin menimbulkan ancaman banjir yang lebih sering terjadi, para pengguna motor listrik sangat disarankan agar tidak menerobos banjir.

Terdapat beberapa alasan yang harus dipertimbangkan mengapa motor listrik tidak boleh digunakan untuk menerobos banjir. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu dipahami:

1. Sistem kelistrikan rentan terhadap air

Motor listrik menggunakan sistem kelistrikan yang kompleks sebagai penggerak utama. Air bisa merusak komponen elektronik dan kabel-kabel listrik, yang dapat menyebabkan kerusakan serius dan bahkan kegagalan total motor.

Untuk mengamankan sistem kelistrikan, perlu dilakukan perawatan khusus untuk memastikan tidak ada kelembaban  yang terakumulasi. Bahkan dengan perawatan yang cermat, risiko terkena air tetap tinggi.

BACA JUGA:HATI-HATI ! Ini Penyebab Motor Listrik Bisa Terbakar

BACA JUGA:Perbandingan Motor Listrik dengan Motor Konvensional, Mana yang Lebih Baik?

Motor listrik juga memiliki baterai yang rentan terhadap kerusakan akibat kontak dengan air. Meskipun beberapa model dilengkapi dengan perlindungan terhadap cairan, masih ada risiko kerusakan jika motor terendam dalam air.

Dengan mempertimbangkan rentan terhadap air ini, penggunaan motor listrik dalam kondisi banjir dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sistem kelistrikan dan mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.

2. Risiko kecelakaan akibat kurangnya traksi

Motor listrik umumnya menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkan roda. Traksi, atau daya cengkeram roda terhadap permukaan jalan, sangat penting untuk menjaga kendaraan tetap stabil dan terkendali. 

Dibandingkan dengan motor bermesin pembakaran dalam yang dapat menghasilkan torsi yang lebih besar pada putaran rendah, motor listrik cenderung memiliki kurangnya traksi karena karakteristik tenaga yang berbeda. 

BACA JUGA:Motor Listrik Jadi Pilihan Unggul untuk Masa Depan dengan Berbagai Keuntungan Memilikinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: