Dulu Untuk Menyeberang Motor, Kini Untuk Susur Sungai

Dulu Untuk Menyeberang Motor, Kini Untuk Susur Sungai

Eksotik : Susur Sungai Klawing dengan perahu yang dulu untuk menyeberangkan motor, di Desa Kedungbenda, Kemangkon.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID - Lebih dari 5 tahun perahu di Sungai Klawing Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon berhenti beroperasi menyeberangkan sepeda motor warga yang akan ke wilayah  Sokaraja, Banyumas.  Pasalnya, jembatan Linggamas sudah terbangun.

Kini perahu itu tidak berhenti total. Sebagian besar mengubah perahu mereka untuk fasilitas wisata susur sungai. Artinya, mereka tidak kehilangan mata pencaharian.

Ketua Pokdarwis Pesona Linggamas Desa Kedungbenda, Sukirman mengatakan, menyusuri Sungai Klawing menggunakan perahu, dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit dan jarak tempuh sepanjang 400 meter pulang pergi.

“Pengunjung akan diajak menyusuri Sungai Klawing dan ke kampung nelayan. Di kampung nelayan kita bisa melihat masyarakat yang mayoritas nelayan," jelasnya, Jumat 10 Maret 2023.

Sukirman menambahkan, untuk perahu susur sungai harga tiket masuk yang dipatok hanya sebesar Rp 5.000 saja per orang dan akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang untuk naik perahu.

"Tidak perlu khawatir dengan keamanan perahu saat susur sungai, setiap perahu akan didampingi oleh petugas dan juga disediakan pelampung untuk berjaga-jaga," ujarnya. (amr) 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: