Siap Gelar Pilkada, KPU Purbalingga Targetkan Partisipasi Pemilih Tinggi

Siap Gelar Pilkada, KPU Purbalingga Targetkan Partisipasi Pemilih Tinggi

PILKADA: Ketua KPU Purbalingga Zamaahsari saat menegaskan partisipasi pemilih saat acara peluncuran, Sabtu 4 Mei 2024 malam.-Dinkominfo Kabupaten Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PURBALINGGA optimis partisipasi pemilih di Kabupaten PURBALINGGA bisa tinggi. Paling tidak di atas pilkada periode sebelumnya.

KPU juga siap melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Nopember 2024. Masyarakat diminta bisa berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi untuk memilih bupati dan wabup Purbalingga periode 2024-2029 tersebut.

Hal itu ditegaskan Ketua KPU Purbalingga Zamaasari Ramzah dalam Peluncuran Pilbup Purbalingga, di halaman parkir Stadion Goentoer Darjono, Sabtu 4 Mei 2024 semalam.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkada 2024 bisa berjalan sukses. Salah satu indikatornya tentu dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi dan terus meningkat dibandingkan Pilkada sebelumnya,” ujarnya.

BACA JUGA:Sepi Peminat, KPU Banyumas Belum Terima Konsultasi Paslon Bupati Perseorangan

BACA JUGA:Tinggalkan Tungku Menyala, Dua Rumah di Desa Karangjambe Terbakat

Zamaahsari mengingatkan, pada Pilkada tahun 2024 dilaksanakan serentak di 37 provinsi serta 508 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia. Pada Pilkada 2020 di masa pandemi Covid 19, tingkat partisipasi pemilih Purbalingga meningkat pesat sebanyak 13,20 persen dari Pilkada sebelumya sebelumnya. 

Kemudian di Pilkada tahun 2015 tingkat partisipasi pemilih 60,06 persen dan Pilkada tahun 2020 menjadi 73,26 persen. "Pilkada tahun ini harapannya bisa diatas angka tersebut," rincinya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mewujudkan target itu, saat ini KPU Purbalingga masih mempersiapkan sejumlah tahapan Pilkada serentak. Di antaranya pembentukan badan adhoc mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Suroto mewakili Bupati Purbalingga yang berhalangan hadir, mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih selaku Warga Negara Indonesia dan selaku warga Purbalingga untuk memilih pemimpin terbaik.

“Pemimpin terpilih nantinya adalah pemimpin terbaik yang dapat membawa Purbalingga dan Jawa Tengah semakin baik, dan kita sama-sama kawal agar pemilihan nantinya terselenggara dengan sukses, aman dan damai dengan tingkat partisipasi yang tinggi,” tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: